Beranda » Blog » Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Diposting pada 17 November 2022 oleh bang mimin / Dilihat: 50 kali

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Manusia tercipta dengan kesempurnaan sistem organ yang saling bekerja satu sama lain, yang membuat manusia dapat melakukan aktivitas dan pekerjaan. Namun tidak sedikit dari kita yang lupa akan pentingnya memperhatikan kesehatan setiap organ dalam tubuh. Salah satu yang sering kita abaikan adalah kesehatan organ lambung. Seperti yang kita ketahui, organ lambung sangat berperan penting dalam setiap aktivtias manusia dalam mencerna makanan dan minuman yang masuk.

Organ lambung punya peran penting, yakni bertugas untuk menampung makanan, kemudian memecah, mengolah, memproses, hingga mendorong dan meneruskan makanan ke usus. Jika kesehatan lambung terganggu, pastinya akan menjadi masalah bukan? Akan ada banyak beragam keluhan yang akan kita dapati pada sistem pencernaan.

Ketika mendengar kata ‘asam lambung’, maka yang kita sering kita bayangkan adalah sakit maag. Tapi faktanya, asam lambung sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Yang harus kita lakukan adalah, memelihara kesehatan organ lambung guna untuk terhindar dari gangguan asam lambung yang naik. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan menerapkan gaya hidup sehat, untuk menjaga kesehatan lambung.

Manfaat Asam Lambung Bagi Tubuh

Fungsinya sistem pencernaan adalah mengolah makanan yang kita konsumsi menjadi bentuk yang lebih kecil. Proses pengolahan ini tidak hanya menggunakan gerakan otot asam lambung, melainkan juga melibatkan enzim-enzim pencernaan dan asam lambung. Sudah tahu apa itu asam lambung? Asam lambung merupakan carisan asam yang dihasilkan oleh sel-sel dinding lambung.

Apa saja fungsi dan manfaat dari cairan asam ini? Cairan ini memiliki empat kegunaan utama di bawah ini.

  • Memecahkan protein untuk dicerna lebih lanjut di dalam usus halus.
  • Mengaktifkan pepsin, yaitu enzim untuk mencerna protein menjadi peptida.
  • Sebagai penanda bahwa makanan dapat bergerak dari lambung menuju usus halus serta memberitahu pankreas untuk mengeluarkan enzim.
  • Membunuh bakteri dalam makanan sehingga mencegah terjadinya infeksi.

Jika kesehatan lambung kita dapat terjaga dan produksi asam lambung seimbang, proses pencernaan pun tentu berjalan dengan lancar. Keberadaan asam akan memudahkan penguraian makanan sehingga tubuh dapat menyerap zat gizi dengan optimal.

Sebaliknya, asam lambung yang tidak seimbang dapat menimbulkan gejala gangguan pencernaan. Gejala yang paling umum yaitu sakit perut, nyeri pada ulu hati, mual, perut kembung, dan keluhan sejenisnya yang dikenal sebagai maag.

Terjadinya Gangguan Pada Asam Lambung

Gangguan pada asam lambung bisa terjadi, karena kita tidak memerhatikan apa yang kita konsumsi, dan bagaimana gaya hidup yang kita lakukan. Biasanya kita mengenali 2 macam penyakit yang dapat menimpa pada organ lambung, yaitu penyakit maag, gastritis, dan GERD. Apa perbedaan dari ketiga penyakit itu?

Maag adalah suatu sindrom yang terdiri dari nyeri atau rasa tidak nyaman di Ulu Hati, kembung, mual, muntah, sendawa, rasa cepat kenyang, perut rasa penuh. Maag merupakan salah satu masalah kesehatan pencernaan yang sangat sering kita ditemui dalam kehidupan masyarakat sehari‐hari.  Penyakit ini termasuk salah satu jenis penyakit yang tidak menular namun akibat paparan penyakit tersebut dapat menyebabkan Mortalitas yang sangat tinggi.

Sakit Maag sering dianggap sebuah penyakit yang biasa serta mudah untuk diatasi dan mudah untuk disembuhkan. Ternyata pernyataan tersebut tidak lah benar, penyakit Maag dibiarkan dan tidak ada penanganan yang serius. akibatnya, menjadi penyakit yang lebih parah berupa penyakit Gastritis  yang dapat menyebabkan kematian. bahkan hingga menyebabkan kematian.

Gastritis adalah peradangan atau pembengkakan dari mukosa lambung yang disebabkan karena faktor iritasi dan infeksi. Bahaya penyakit Gastritis jika dibiarkan terus-menerus akan mengakibatkan rusaknya fungsi lambung dan akan meningkatkan risiko terkena kanker lambung hingga bisa menyebabkan kematian.

Seseorang yang menderita Gastritis akan mengalami keluhan nyeri pada lambung, mual, lemas, muntah, kembung, rasa sesak, tidak nafsu makan, nyeri pada ulu hati, wajah pucat, suhu badan naik, keringat dingin, bersendawa atau pusing serta dapat juga terjadi perdarahan saluran cerna.

Gangguan pada asam lambung  lainnya disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease). Penyakit GERD terjadi karena asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut.

Orang yang mengidap penyakit ini biasanya mengalami refluks asam yang ringan paling tidak dua kali seminggu, serta gangguan yang parah paling tidak sekali dalam seminggu. Oleh karena itu, pengidap GERD perlu mengetahui cara untuk meredam gejala, misalnya dengan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Apa Penyebab Terjadinya Penyakit GERD?

Penyebab munculnya penyakit asam lambung umumnya berkaitan dengan konsumsi makanan atau minuman. Misalnya, minuman beralkohol, berkafein (kopi, teh, cokelat), atau minuman lain yang mengandung soda. Sementara itu untuk makanan, pemicu tersering adalah yang mengandung tinggi lemak dan asam (seperti jeruk dan tomat).

Penyakit asam lambung terjadi akibat tidak makan apapun dalam waktu relatif lama atau makan tidak teratur. Akibatnya, kadar asam lambung yang ada di lambung menjadi meningkat hingga permukaan lambung terkikis yang berakibat menimbulkan tukak. Jika sudah ada terjadi sebuah pengikisan, maka penyakit Gastritis pun akan semakin berisiko. Gejala penyakit yang muncul tidak habya sekedar muntah, mual ataupun sakit perut, tetapi juga dapat meningkat hingga feses berdarah.

Ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan terjadinya penyakit Gastritis, namun penyebab yang paling umum yaitu :

  1. Jadwal makan yang tidak teratur membuat lambung sulit beradaptasi dan dapat mengakibatkan kelebihan asam lambung yang mengiritasi dinding mukosa lambung. Cara  efektif untuk mencegahan terjadinya penyakit Gastritis yaitu dengan pola makan yang teratur dan tepat waktu.
  2. Stress bisa menyebabkan perubahan hormonal di dalam tubuh yang bisa merangsang sel dalam lambung yang berlebih.
  3. Makanan yang dimakan dalam keadaan panas seperti bakso dan teksturnya keras.
  4. Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, makanan pedas, asam, dan makanan yang mengandung gas seperti ubi, buncis, kol dll.
  5. Pemakaian obat antiinlamasi nonsteroid. Pemakaian obat antiinlamasi nonsteroid seperti aspirin, asam mefenamat, dan aspilet dalam jumlah besar dapat memicu kenaikan produksi asam lambung yang berlebihan sehingga mengiritasi mukosa lambung karena terjadinya difusi balik ion hydrogen ke epitel lambung. Selain mengkonsumsi jenis obat ini seperti ini dapat berakibat pada kerusakan epitel mukosa karena bisa bersifat iritatif dan sifatnya yang asam dapat menambah derajat keasaman yang ada pada lambung kita.
  6. Konsumsi alcohol berlebihan Bahan etanol merupakan salah satu bahan yang dapat merusak mukosa lambung.

Faktor Utama Terjadinya Gangguan Lambung

  1. Infeksi bakteri

Infeksi yang terjadi oleh bakteri Helicobacter pylori adalah salah satu penyebab gangguan pada pencernaan yang paling umum terjadi. Bakteri ini bisa menimbulkan penyakit Gastritis, tukak lambung, hingga infeksi lambung akibat penyakit Gastritis yang semakinh parah.

Bakteri H. pylori dapat menyerang bagian lapisan lambung dan usus halus bagian atas serta bisa menimbulkan gejala seperti sakit perut. Gejala yang berbeda umumnya hadir berupa perut kembung, hilang nafsu makan, sering sendawa, serta muntah atau mual.

  1. Penyakit autoimun

Meski dikatakan langka, penyakit autoimun dapat penyebab sakit Maag. Penyakit autoimun terjadi saat sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melawan zat asing penyebab penyakit malah berbalik menyerang sel-sel sehat yang ada di dalam tubuh kita.

Dalam beberapa kondisi, sel-sel kekebalan tubuh dapat menyerang lapisan dinding lambung yang sehat dan tidak memiliki kerusakan (permasalahan). Akibatnya, sel-sel yang menyususun bagian lapisan dinding lambung akan megakibatkan peradangan dan bahkan menyebabkan kerusakan.

  1. Stres dan kecemasan

Stres dan kecemasan tidak menyebabkan sakit Maag secara langsung. Namun, keadaan ini bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Saat keadaan stres dan keadaan kecemasan yang tidak dikelola secara baik dapat memperparah gejala gangguan pada pencernaan.

Saat tubuh stres, produksi hormon prostaglandin akan menurun. Hormon prostaglandin berguna untuk  menjaga dinding lambung dari keadaan yang terlalu asam. Menurunnya hormon prostaglandin mengakibatkan dinding lambung yang lebih rentan terkikis.

berbagai masalah pencernaan yang kerap terjadi akibat sistem percernaan kita yang bermasalah dapat menimbulkan beberapa hal berikut, yaitu :

  1. Gastritis (radang lambung). Penyakit Gastritis adalah peradangan yang ada pada lapisan dalam lambung yang di akibat oleh asam lambung, infeksi bakteri, atau penyebab lainnya.
  2. Gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD adalah kondisi saat asam lambung naik menuju ke arah kerongkongan hingga menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati (heartburn) dan iritasi pada kerongkongan.
  3. Irritable bowel syndrome (IBS). IBS merupakan penyakit yang dapat mengakibatkan terjadinya sembelit atau diare, hal ini dikarenakan adanya kontraksi otot pada usus besar yang bekerja kurang optimal.
  4. Tukak lambung. Tukak lambung mengindikasikan bahwa luka atau lubang kecil pada dinding perut, pada umunya disebabkan oleh penyakit Gastritis parah.
  5. Pankreatitis. Pankreatitis yaitu kondisi dimana ketika pankreas mengalami radang yang mengakibatkan timbulnya infeksi, pendarahan, atau bahkan hingga kerusakan jaringan.
  6. Kanker lambung. Kanker muncul ketika ada sel kanker ganas atau tumor yang terdapat di bagian dinding lambung.

Cara Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Berikut ini adalah beberapa cara gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan lambung. Mungkin kita tidak dapat melakukan perubahan secara instan, tapi yakinlah bahwa akan ada perubahan yang dapat mengubah hidup agar menjadi lebih sehat.

1. Memerhatikan jam makan

Banyaknya aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari mungkin membuat kamu telat makan. Padahal, salah satu pemicu tingginya asam lambung adalah pola makan yang tidak teratur.

Oleh karena itu, usahakan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam pada jam yang sama. Jika kamu ingin makan pada malam hari, makanlah 3 – 4 jam sebelum tidur untuk mencegah asam lambung naik akibat posisi tubuh yang berbaring.

2. Makan makanan alami

Banyak dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari merupakan hasil pemrosesan. Menurut sebuah studi dalam jurnal Inflammatory Bowel Disease, konsumsi makanan hasil pemrosesan berkaitan dengan meningkatnya risiko gangguan pencernaan.

Sebaliknya, penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi makanan alami yang kaya zat gizi dapat melindungi lambung dari berbagai penyakit pencernaan. Inilah mengapa kamu perlu memperbanyak makanan alami dalam menu harian kamu.

3. Makan dengan porsi kecil

Saat kamu makan dalam porsi besar, makanan yang masuk dalam jumlah besar akan membuat otot lambung meregang. Hal ini dapat memberikan tekanan berlebih pada lambung sehingga muncullah keluhan perut begah, sakit perut, atau heartburn.

Menyesuaikan porsi makan ternyata bisa menjadi cara untuk memelihara kesehatan lambung. Cobalah mengganti porsi makan yang tadinya tiga kali sehari menjadi 4 – 5 kali dengan porsi yang lebih kecil. Ini akan membuat kerja lambung menjadi ringan.

4. Mengelola stres dengan baik

Stres merupakan salah satu pemicu penyakit GERD. Ini karena stres bisa menurunkan produksi hormon prostaglandin. Hormon ini berfungsi melapisi dinding lambung untuk melindunginya dari asam lambung yang bersifat mengikis.

Stres memang tidak dapat dihindari, tapi kamu bisa mengelolanya dengan beragam cara. Coba lakukan teknik pernapasan, meditasi, atau alihkan stres kamu dengan hal yang kamu sukai. Bila perlu, kamu pun bisa menjalani terapi dengan seorang psikolog.

5. Minum air, tapi jangan terlalu banyak

Walaupun terdengar sederhana, minum air ternyata dapat membantu kamu menjaga kesehatan lambung. Air memiliki pH (tingkat keasaman) yang netral. Minum air akan membantu menetralkan pH lambung saat produksi asam sedang tinggi-tingginya.

Namun, jangan pula minum air terlalu banyak dalam waktu yang singkat. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam lambung sehingga memicu naiknya asam lambung. Minumlah segelas air setelah makan dan ikuti anjuran minum dalam sehari.

6. Membatasi asupan alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein merupakan stimulan yang dapat memengaruhi fungsi lambung. Asam yang tinggi pada kopi juga dapat menghambat penutupan otot sfingter kerongkongan. Padahal, otot ini seharusnya menutup saat kamu tidak sedang menelan makanan.

Bila sfingter tidak menutup, asam lambung dapat mengalir naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala maag. Jika kondisi ini terjadi berulang kali, inilah yang disebut sebagai penyakit refluks asam lambung alias GERD.

7. Tidak merokok

Kebiasaan merokok dan penggunaan produk tembakau berdampak buruk terhadap kesehatan lambung. Ini karena nikotin yang terdapat di dalam rokok atau produk tembakau dapat melemaskan otot sfingter kerongkongan.

Seperti halnya konsumsi alkohol dan kafein, hal ini bisa menyebabkan asam lambung mengalir naik ke kerongkongan. Tak hanya menimbulkan gejala maag, asam lambung yang sering naik juga bisa mengakibatkan radang pada kerongkongan (esofagitis).

8. Mengurangi tekanan pada perut

Tekanan pada perut dapat menekan lambung sehingga menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Untuk mengurangi tekanan berlebih pada lambung, kamu dapat melakukan hal berikut.

  • Tidak langsung berbaring setelah makan. Jika kamu ingin berbaring, tunggulah setidaknya 2 – 3 jam setelah makan.
  • Mengendurkan ikat pinggang, kancing baju, atau celana setelah makan dalam porsi besar.
  • Saat mengangkat barang, usahakan untuk menekuk lutut agar perut tidak tertekuk.

9. Meninggikan posisi tubuh

Saat tidur, tinggikan posisi tubuh kamu sekitar 15 – 20 cm dengan meletakkan bantal di bawah punggung. Sebisa mungkin, gunakanlah penyangga khusus yang lebih padat dibandingkan tumpukan bantal.

Meninggikan posisi tubuh ketika tidur akan mencegah aliran balik asam lambung ke kerongkongan. Ingatlah bahwa kamu sebaiknya juga menghindari kebiasaan makan sebelum tidur dan berbaring setelah makan.

5 Tumbuhan Herbal ini Dapat Membantu Menyembuhkan Penyakit Asam Lambung

Dari beberapa peneliatan yang kami baca, 5 tumbuhan ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit pada asam lambung. Bahan-bahannya sangat mudah kita temukan dan kita selalu pakai sebagai bahan bumbu masakan sehari-hari.

1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman alami yang biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu meringankan masalah lambung. Contohnya yaitu gejala sakit Maag. Kunyit juga merupakan tanaman rempah yang paling banyak di temukan di Asia Tenggara salah satunya negara kita tercinta Indonesia. Kunyit mempunyai senyawa yang berfungsi untuk obat alami, senyawa ini disebut sebagai kurkuminoid. Yang terdiri dari Bisdesmetoksikurkumin, Desmetoksikumin dan zat-zat manfaat lainnya.

Kunyit disebut dapat membantu mencegah peradangan pada gangguan Lambung, hal ini dibuktikan melalui penelitian dari International Journal of Molecular Sciences. Penelitian ini mengindikasikan bahwa gejala permasalahan Lambung bisa dikurangi dengan mengkonsumsi obat yang memiliki Antioksidan serta anti peradangan. Kandungan Kurkumin pada kunyit memiliki kedua sifat tersebut.

Kunyit sangat bagus dikonsumsi dengan beragam cara untuk menyembuhkan sakit Maag, contohnya dibuat minuman seperti jamu, dibuat bubuk untuk diseduh, dimakan langsung tanpa diolah, atau dicampurkan dalam masakan sehari-hari. jika kita ingin membuat minuman atau ramuan dari kunyit sebagai obat sakit Maag, setidaknya kita memerlukan kunyit sebesar 2 jari tangan.

2. Jahe Merah

Adapun selain kunyit, jahe merah juga merupakan tanaman herbal yang bisa membantu meredakan gejala sakit Maag. Kunyit memiliki sifat anti peradanngan yang bermanfaat untuk penderita masalah lambung dan dapat meredakan mual.

Selain itu, jahe merah merupakan bahan alami yang bersifat Gastroprotektif. Artinya, rempah yang bisa dijadikan teh ini bekerja dengan menekan bakteri Helicobacter pylori (Hpylori), yaitu bakteri yang dapat hidup di dalam lambung.

Saat keadaan normal, asam yang dikeluarkan oleh lambung akan berfungsi sebagai pembunuh bakteri yang masuk ke saluran pencernaan bersama makanan. Tetapi, bakteri Helicobacter pylori dapat tetap hidup dalam asam, yang menyebabkan asam lambung menjadi tidak efektif untuk membunuh bakteri.

Infeksi bakteri Helicobacter pylori pada umumnya tidak mengakibatkan gejala yang berarti. Namun, jika terjadi terus menerus, infeksi Helicobacter pylori dapat menyebabkan penyakit saluran pencernaan, seperti (maag akut atau maag kronis) tukak lambung, dan tukak duodenum.

Hal paling penting yang perlu kamu ingat adalah konsumsi jahe secukupnya saja. Sekitar kurang dari seperdelapan cangkir atau 4 gram jahe merah saja sudah lebih dari cukup untuk mengurangi gejala asam lambung yang mengganggu. Dalam sehari kamu juga bisa membagi takaran jahe menjadi beberapa kali konsumsi.

3. Akar manis

Bahan herbal seperti akar manis (Licorice) disebut-sebut juga dapat membantu gangguan lambung secara alami. Bahan akar manis diklaim dapat menguatkan otak dan bersifat analgesik. Beberapa penelitian juga mengatakan akar manis dapat meningkatkan sekresi lambung dan menahan asam lambung agar tidak menuju ke kerongkongan.

Kamu bisa mengonsumsi obat herbal atau alami yang mengandung licorice untuk meredakan gejala sakit maag dan radang lambung .Tidak hanya itu, rempah yang satu ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Walaupun begitu, kita perlu berhati-hati saat menggunakan akar kayu manis sebagai obat tradisional untuk sakit maag. Pasalnya, tubuh setiap orang mungkin akan bereaksi berbeda-beda ketika memakai obat herbal.

Kandungan kayu manis yang dilansir dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya 2, kayu manis mengandung minyak asiri eugenol, safrole, sinamaldehide, tannin, flavonoid, kalsium, oksalat, dan damar. Kandungan tersebutlah yang membuat kayu manis memiliki khasiat sebagai obat maag.

Melansir dari buku karya dr. Prapto Utami yang berjudul The Miracle of Herbs, Desty Ervira Puspaningtyas S.Gz, adapun cara membuat ramuan kayu manis sebagai obat sakit Maag. Pertama siapakan bahan berupa Kayu manis sebanyak 10 gram dan air 200 ml. Rebuslah kayu manis sampai mendidih sampai menyisahkan air sekitar 100 ml. Terakhir saring air rebusan kayu manis lalu minum selagi hangat.Kita bisa mengulang minum air rebusan kayu manis ini dua kali sehari.

4. Daun mint

Sejak beberapa waktu yang lalu, daun mint sering digunakan untuk menyelesaikan masalah pencernaan. Hingga kini, obat alami dengan kandungan daun mint sjuga bisa digunakan untuk meredakan gejala gangguan lambung, seperti sakit maag, perut kembung, atau mual.

Daun mint dapat membantu merilekskan otot perut yang sakit akibat perut kembung. Sistem kerjanya yaitu dengan cara menekan keluar gas pada lambung. Tetapi, penggunaan daun mint tidak dianjurkan untuk pasien GERD.

5. Daun kemangi

Selain diseluruh dunia dipakai untuk bahan herbal dalam masakan. Daun kemangi ternyata dapat digunakan untuk obat alamimasalah lambung, seperti sakit Maag.

Daun Kemangi memiliki sifat karminatif, antibakteri, dan anti-peradangan. Oleh sebab itu, obat herbal sakit Maag dapat dipakai sebagai peredah kejang pada saluran usus yang menjadi penyebab perut kembung.

Kamu bisa memasukkan daun kemangi ke dalam masakan atau membuat daun kemangi menjadi teh. Namun, kamu perlu menambahkan daun ini secara perlahan karena mengonsumsi terlalu banyak bisa memicu sakit perut.

Terapi Penyembuhan Penyakit Asam Lambung dengan Madu Murni

Madu Hutan Al-Hafizh 500gr

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Banyak yang dapat kita lakukan guna untuk menyembuhkan penyakit pada organ lambung. Dimulai dari bahan makanan herbal, obat-obatan, dan juga penanganan khusus dari tenaga yang ahli. Namun, masih ada cara lain yang sangat direkomendasikan guna untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Caranya adalah melakukan terapi dengan bahan madu murni.

Khasiat dari madu murni sudah tidak kita ragukan lagi, sudah jelas tentu saja sangat baik untuk menangani penyakit asam lambung. Kandungan zat antiradang yang terdapat di dalam madu dan nutrisi lain selain memperkuat sistem imunitas tubuh, ternyata mampu mempercepat proses pemulihan kesehatan akibat gangguan fungsi alat pencernaan.

Secara tradisional ada beberapa bahan alami yang bisa membantu mengurangi efek dari asam lambung. Diantaranya adalah kunyit dan madu. Air perasan kunyit adalah antiinflamasi alami untuk saluran pencernaan, namun ada yang kurang suka dengan rasanya yang getir. Untuk itu bisa dicampur dengan madu.

Manfaat madu murni berkualitas tinggi yang diperoleh dari distributor yang jual madu yang aman dikonsumsi untuk asam lambung tinggi adalah untuk menetralkan produksi asam dalam lambung, sekaligus sebagai anti radang yang mengurangi rasa sakit pada bagian saluran kerongkongan yang terkena asam lambung.

Bagaimana cara melakukan terapi madu untuk asam lambung? Dari beberapa hasil penelitian yang kami baca, terapi dengan madu adalah dengan rutin minum madu. Merutinkan minum madu, sebagai cara gaya hidup untuk menjaga kesehatan lambung. Cara minum madu untuk asalm lambung adalah minum 1-2 sendok madu alami di pagi hari sebelum sarapan secara langsung atau dicampur dengan segelas air hangat.

Manfaat madu untuk penyakit asam lambung adalah untuk mengatasi dan melapisi luka/radang yang timbul pada mulut, kerongkongan dan lambung. Madu memiliki kandungan zat anti peradangan, anti infeksi dan mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh karena kaya akan vitamin, mineral dan zat lainnya.

Untuk pembahsan yang lebih jelas, silahkan baca lengkap di artikel ini.

Produk Madu Apa yang Sangat Direkomendasi?

Selama ini kami selalu mengonsumsi Madu Al-Hafizh.  Produk Madu Al-Hafizh selalu transparan untuk memperlihatkan kemurniannya. Selain halal dan teruji BPOM, Madu Al-Hafizh juga teruji asli dari hasil uji laboratorium ternama.

Ada beberapa pengalaman yang kami dapati selama konsumsi madu. Salah satu dari keluarga kami sedang didiagnosa penyakit tipes,  dan beliau dengan rutin minum Madu Al-Hafizh di minggu ke 2 atau ke 3, kondisinya kian membaik dan sembuh dari tipes.

Selain untuk menyembuhkan tipes, madu juga memiliki banyak manfaat. Mencegah dari berbagai penyakit, mencegah insomnia, menyembuhkan maag, dan sebagainya. Terlebih lagi, madu juga dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan luka diabetes melitus.

Penutup

Dari paparan artikel diatas, kita semakin tahu apa yang harus diperbuat untuk mencegah terjadinya penyakit ataupun gangguan asam lambung. Selain menjelasakan gaya hidup sehat, ada beberapa jenis bahan herbal guna untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Selain itu, kita juga dapat melakukan terapi dengan rutin mengkonsumsi madu murni.

Tentu sudah tidak sulit lagi bagi kita untuk membeli madu. Namun kita perlu mengetahui apakah madu yang mereka jual adalah madu murni, atau madu yang palsu? Silahkan baca bagaimana membedakan mana madu yang asli, dan mana madu yang palsu.

Demikianlah artikel ini membahas tentang “Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung“. Semoga artikel ini memberi manfaat yang banyak bagi para pembaca, dan menjadi pahala jariyah bagi kami para penulis. Sebarluaskan artikel ini, agar setiap pahala juga dirasakan oleh bagi orang-orang juga ikut turut membagikan.

Bagikan ke

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

three × two =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Madu Hutan Sumatera (Riau)
1 Oktober 2015

Madu Hutan Riau merupakan madu yang berasal dari hutan alami alias bukan madu hasil ternakan. Lebah penghasil madu yang ada dihutan... selengkapnya

Sudahkah Kita Bertetangga dengan Baik?
6 Agustus 2022

Dalam Islam, ada yang disebut dengan adab bertetangga yang harus kita perhatikan dan kita jaga. Tetangga adalah orang yang paling... selengkapnya

Perawatan Alami Madu untuk Rambut Kering yang Efektif dan Mudah Dilakukan
21 Desember 2016

Perawatan Alami Madu untuk Rambut Kering yang Efektif dan Mudah Dilakukan. Memanfaatkan madu untuk rambut kering adalah langkah tepat untuk... selengkapnya

Madu Penyubur Kandungan dan Madu Penyubur Sperma
8 Agustus 2016

Madu Penyubur Kandungan dan Madu Penyubur Sperma “Kapan punya anak?” sebuah pertanyaan sederhana yang membutuhkan jawaban yang kompleks. Adalah menjadi... selengkapnya

Jual Madu Hutan Asli Sumatera di Medan dan Sekitar
11 Februari 2019

Sering kali, telepon yang masuk ke nomor 0813-7072-1854 menanyakan, “abang jual madu asli?” atau “abang jual madu hutan asli?” Kalau... selengkapnya

Manfaat Madu Untuk Asam Urat Yang Belum Diketahui
27 Desember 2016

Manfaat Madu Untuk Asam Urat Yang Belum Diketahui. Madu untuk asam urat adalah salah satu dari sekian banyak manfaat cairan... selengkapnya

Apa Yang Terjadi Jika Mengkonsumsi Madu Bawang Putih?
9 April 2019

Jika disebutkan madu bawang putih, apa yang terlintas dalam pikiran kita? madu berwarna putih atau madu dengan cita rasa ala... selengkapnya

9 Cara Mengkonsumsi Madu Sehari-Hari
12 Desember 2016

Belakangan saya baru tahu bahwa cara mengkonsumsi madu pun ada tips trik yang disarankan. Menyadarkan bahwa madu tidak boleh disajikan... selengkapnya

Bagaimana Cara Memanfaatkan Madu untuk Obat Luka Diabetes Melitus?
12 Desember 2016

Bagaimana Cara Memanfaatkan Madu untuk Obat Luka Diabetes Melitus? Bagaimana cara memanfaatkan madu untuk luka diabetes? Efek yang dikuatirkan pada... selengkapnya

Mitos Atau Fakta Madu Untuk Bayi Berbahaya
30 Desember 2018

Kondisi ASI yang tidak lancar pasca melahirkan, cenderung mendorong Ibu mencari sumber asupan seperti susu formula atau madu untuk bayi.... selengkapnya

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: