Beranda » Blog » Menjadi Affiliate Marketing : Cuan Mudah Dari Rumah

Menjadi Affiliate Marketing : Cuan Mudah Dari Rumah

Diposting pada 25 September 2016 oleh bang mimin / Dilihat: 514 kali

Menjadi Affiliate Marketing sebenarnya bukanlah hal baru di  penjualan online. Jauh sebelum adanya marketplace/ ecommerce seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dan lain-lain. Pun begitu juga yang sedang heboh di tahun 2023 yaitu menjadi affiliate di tiktok.

menjadi affiliate marketing madu hutan sumatera

Sejak zaman kuliah sekitar 20 tahun lalu, kami sudah menemukan beberapa “penjual online” yang memasarkan produknya dengan sistem affiliate marketing, pelakunya disebut sebagai affiliate atau affiliate marketer atau affiliator istilah yang akhirnya rame belakangan ini.

Sejak awal kemunculannya ditahun 2015 lalu, refillmadu.com sebenarnya ingin memfokuskan diri untuk menjual produk fisik seperti madu ini dengan model penjualan affiliate/ affiliasi. Namun, karena keterbatasan disana-sini, sistem penjualan ini tidak berhasil dikembangkan di refillmadu.com. Karena memang waktu itu, program affiliasi yang berkembang adalah produk digital.

Sistem yang kita pakai sejak dulu hingga sekarang adalah dengan sistem kemitraan agen dan reseller. Ini sebenarnya bisa dibilang sistem affiliasi juga, karena sejatinya affiliate marketing memiliki maka sebagai sistem pemasaran yang mana ketika affiliatenya berhasil mendapatkan pembeli/ closing, si affiliate/ affiliator akan mendapatkan fee atau komisi. Dan mereka tidak perlu menyimpan barang yang mereka bantu jual.

Menjadi Affiliate Marketing Untuk Produk Fisik

Di awal perkembangannya, affiliate marketing lebih banyak mendistribusikan produk-produk digital. Belum pernah ada produk fisik. Sampai akhirnya berkembanglah sistem pemasaran ecommerce atau marketplace yang kita kenal dengan nama shopee, tokopedia dan beberapa marketplace yang masih ada, namun mulai turun pengunjungnya.

Kenapa produk digital lebih mudah berkembang? Dulu, mindset kawan-kawan internet marketer tidak ingin disibukkan/ direpotkan dengan aktifitas ‘fisik’ seperti packing, antar ke ekspedisi, apload resi dan sebagainya. Karena memang dahulu perkembangan model bisnis marketplace belum sebaik saat ini. Kedua,  Produk digital hanya diproduksi sekali, tapi bisa dijual berkali-kali. Produksinya sekali tapi bisa untung cuan berkali-kali.

Sehingga pada akhirnya, pertumbuhan affiliate marketing untuk produk fisik menjadi terhambat.

Memanfaatkan Marketplace di Tiktok, Shopee dan Tokopedia

Nah, perkembangan teknologi informasi saat ini akhirnya membawa pada hadirnya sistem affiliate marketing untuk produk fisik. Kalau dulu ketakutan affiliate marketer/ affiliator karena harus berurusan dengan sistem logistik yang waktu itu masih jauh dari kata memadai. Sekarang, perkembangan sistem logistik menjadi sangat baik, sehingga ketakutan atau barrier untuk masuk ke affiliate produk fisik menjadi terkikis.

Kawan-kawan tentu tau banyak sekali perusahaan logistik yang cabangnya ada hingga masuk ke dalam gang-gang sempit. Ini terjadi karena memang kebutuhan akan logistik jauh bertumbuh dari tahun-tahun yang lalu.

Dengan berkembangnya ini, tim pengembang di marketplace hari ini melihat peluang untuk menghidupkan lagi sistem affiliate di dalam sistem marketplace mereka.

Tugas para affiliator akhirnya kembali sama seperti ketika melakukan affiliasi produk fisik, mereka tinggal memproduksi konten yang berkualitas, upload di kanal masing-masing, baik dalam bentuk artikel di website/ blog, konten video di youtube, IG Reel dan Tiktok, di marketplace sendiri sekarang sudah memiliki halaman khusus untuk konten-konten yang dapat ditemukan dalam mesin pencarian. pun dengan konten lain yang memiliki kanal dan memiliki audiens.

Dan untuk saat ini banyak content creator yang sudah memiliki ‘massa’ atau pengikut yang besar, akhirnya memanfaatkan trafik yang sudah dimilikinya untuk membantu orang lain memasarkan produknya. Terjadi hubunga simbiosis mutualisme, hubungan yang saling menguntungkan.

Nah, beberapa marketplace yang kami ketahui memiliki program affiliate adalah Shopee, Tokopedia dan tentunya sociocommerce Tiktok.

Bagaimana cara menjadi affiliate marketing?

Untuk cara menjadi affiliate marketing, tentunya kawan-kawan dapat menemukannya banyak diinternet, tinggal ketik kata kunci di google, maka konten-konten terkait topik ini akan keluar dan kita akan dengan sangat mudah menjalankannya.

Namun, kata kunci utama menjadi affiliate marketing adalah tentang bagaimana menggiring traffik. audiens yang ada di internet untuk masuk ke dalam kanal yang sudah kita sediakan. Kemudian setelah mereka masuk dalam kanal yang kita sediakan, kita olah sedemikian rupa sehingga kampanye yang kita rencanakan mempengaruhi mereka untuk membeli.

Contohnya, kita sedang menjalankan kampanye bagaimana masyarakat terutama keluarga muda dengan usia mulai dari 25 hingga 44 tahun mulai perhatian kepada kesehatan anggota keluarga, terutama kesehatan anaknya. Yang mana solusi atas masalah yang mereka hadapi ini ada di dalam produk madu hutan (madu premium)  Al Hafizh, untuk itu kita perlu membuat konten-konten yang dapat menggiring audiens dengan kriteria di atas, untuk masuk ke kanal kita dan mereka menikmatinya.

Secara perlahan, konten-konten itu akan mempengaruhi audiens dan kemudian akan muncul keputusan untuk membeli madu dalam hal ini dengan merk : Madu Al-Hafizh.

Menjadi affiliate marketing untuk produk madu al-hafizh

Menjadi affiliator Produk Madu Asli Murni Al-Hafizh

Seperti sudah kita sebutkan di awal tadi bahwa sejak awal kemunculannya, madu al-hafizh memang fokus melakukan proses marketing secara online dan membangun jaringan reseller. Dalam istilah internet marketing, reseller itu disebut juga affiliate marketer atau affiliator.

Dikarenakan waktu itu belum ada sistem yang bisa digunakan secara masif dan powerful, sistem affiliatenya menjadi semi online, teman-teman yang ingin menjualkan kembali produk madu al-hafizh, dapat menghubungi admin madu alhafizh melalui WA, lalu reseller dapat memulai aktifitas jualan tanpa harus menyediakan stok madu di lokasi masing-masing.

Karena, seluruh urusan logistik (packing hingga ke ekspedisi) akan dibantu oleh tim refillmadu. Affiliator tinggal fokus bagaimana mendapatkan trafik yang akan melihat produk madu al-hafizh.

Beberapa waktu belakangan, tiktok memunculkan sistem affiliate yang saat ini sedang viral dan membuat banyak conten creator pemula sekalipun bisa meraup untuk yang lumayan dari aktifitas ‘mengampanyekan’ produk-produk tertentu melalui akun pribadi mereka.

lalu bagaimana menjadi affiliate produk-produk madu al-hafizh? kawan kawan bisa klik langsung link tiktok shop madu al-hafizh di link >> TikTok Shop Refillmadu

Untuk yang masih awam sekali dalam sistem penjualan tiktok affiliate, kami dari manajemen akan membuat pelatihan gratis untuk affiliate pemula di refillmadu. Insyaallah yang akan menjadi mentornya adalah affiliate tiktok yang sudah mulai menghasilkan cuan dari kegiatannya memperkenalkan produk di tiktok.

Untuk pendaftaran pelatihan online menjadi Tik Tok Affiliate, kawan-kawan bisa hubungi langsung admin refillmadu >> Whatsapp <<

Kesimpulan

Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin memudahkan kita untuk mendapatkan penghasilan tanpa harus keluar rumah. Menjadi Affiliate Marketing adalah salah satunya. Dan Madu Al-Hafizh siap menyediakan produk berkualitas untuk dijualkan kembali dengan sistem penjualan affiliate. Kawan-kawan dapat kunjungi laman official madu al-hafizh atau menghubungi admin langsung.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Tags: , ,

Bagikan ke

Menjadi Affiliate Marketing : Cuan Mudah Dari Rumah

  • Hitaseo

    Affiliate marketing adalah sistem pemasaran dimana affiliate atau afiliasi mendapatkan fee atau komisi ketika berhasil mendapatkan pembeli atau closing, Dulu affiliate marketing lebih fokus pada pendistribusian produk digital, namun dengan berkembangnya sistem pemasaran e-commerce atau marketplace, telah meluas hingga mencakup produk fisik.

    sekarang madu bisa di jual oleh kita yang tidak mempunyai produk sebabai affiliate ini dapat membantu kita yang ingin punya pemasukan tapi taidak punya barang untuk dijual.

    Balas 8 May 2023 | 09:02
  • Siska Hasibuan

    Semoga nanti kalau ada pelatihan affiliate marketing oleh madu al hafidz bisa join ah.. pengen belajar juga 🙏

    Balas 8 May 2023 | 06:49
  • Icha Marina Elliza

    Awak belum ikut tiktok affiliate bang. Tapi awak punya akun jualan di Shopee. Bisakah awak posting semua produk brand al hafizh semua ukuran untuk awak tampilkan di toko Shopee awak?
    Jadi kalo ada yang beli awak tinggal minta tim abang buat kirimkan.

    Balas 7 May 2023 | 22:56
  • Vivi

    Zaman sekarang, bukan cuma penjual aja yang suka jualannya online. Tapi pembelinya juga banyak yang lebih suka online ya bang.
    Mungkin karena itu juga, jadi banyak marketing online, karena customer juga banyak.
    Sukses sama madu Al-Hafizh nya ya bang

    Balas 7 May 2023 | 20:41
  • Siska Hasibuan

    Semoga kalau akhirnya dibuat pelatihan affiliate marketing oleh madu al hafiz awak bisa ikutan 🙏 pengen belajar heheh

    Balas 7 May 2023 | 11:29
  • Siska Hasibuan

    Semoga kalau akhirnya dibikin kelas dari Madu Al Hafiz awak bisa ikutan.. pengen belajar 🙏

    Balas 7 May 2023 | 11:25

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

2 + ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menjadi Affiliate Marketing : Cuan Mudah Dari Rumah

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: