Beranda » Blog » Anak Sebagai Perhiasan Dunia

Anak Sebagai Perhiasan Dunia

Diposting pada 4 Agustus 2022 oleh bang mimin / Dilihat: 204 kali

Anak Sebagai Perhiasan Dunia. Anak, adalah amanah bagi setiap orang tua. Karena itulah sudah menjadi kewajiban bagi keduanya untuk mendidik anak-anaknya menjadi pribadi yang sholeh/sholehah dan tumbuh berkembang dengan sebaik-baiknya.

Kita yang sebagai orang tua tentu memiliki cara nendidik anak versi masing-masing, berdasarkan bagaimana  latar belakang dan kebutuhan anak. Tapi, jauh lebih penting bagi orang tua Muslim untuk mendidik anaknya sesuai dengan ilmu Syar’i.

Pendidikan adalah hal paling penting yang dibutuhkan anak sebagai bekal kehidupannya. Rasulullah SAW. bersabda dalam hadits Shahih Hasan yang diriwayatkan At-Tirmidzi dan Al-Hakim. Hadits tersebut berbunyi :

Anak sebagai perhiasan dunia

Baca Juga : Larangan Merasa Lemah

Dalam Al-Qur’an Allah SWT. juga berfirman dalam Surah Al-Kahfi Ayat 46, bahwa harta dan anak adalah perhiasan dunia. Namun menjadi amalan yang kekal di sisi Allah Ta’ala. Berikut terjemahannya :

Anak sebagai perhiasan dunia

Cara Mendidik Anak Dalam Islam

Anak adalah amanah bagi setiap orang tua. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi keduanya untuk mendidik anak tumbuh menjadi orang yang shaleh dan dapat tumbuh dan berkembang dengan sebaik-baiknya.

Setiap orang tua tentu memiliki cara mendidik anak versi masing-masing yang biasanya telah disesuaikan dengan latar belakang dan kebutuhan anaknya. Tapi, penting bagi orang tua muslim untuk mendidik anak dengan cara islami.

Berbekal hadis tentang mendidik anak di atas, cara mendidik anak menurut Islam pada dasarnya mudah dan memudahkan. Namun saat melaksanakannya tentu ada masalah yang tidak mudah dilalui dan butuh kesabaran dan pola asuh yang tepat.

1. Lembut Mengajarkan Salat

Bacaan dan gerakan salat mungkin akan sulit dipelajari oleh anak-anak. Namun, ada cara yang bisa dilakukan agar anak senang salat. Misalnya, ajak anak untuk menunaikan salat bersama dengan lemah lembut, dan tidak memaksa.

Apabila diperlukan, ajarkan dan beri contoh melalui mainannya. Seperti boneka, dan mainan yang dibuat khusus untuk belajar salat bagi anak agar Si Kecil merasa tertarik dan juga semangat saat diajak salat oleh orang tuanya.

Manfaat mengajarkan salat adalah anak akan mempelajari banyak hal. Seperti perbedaan posisi imam dan makmum, yakni soal kepemimpinan. Dan masih banyak hal lagi pelajaran yang akan diambil oleh anak, apabila orang tua memberikan penjelasan yang baik tentang makna dari salat.

2. Ceritakan Kisah Inspiratif

Sebagai orang yang sudah dewasa, orang tua pasti lebih banyak pengalaman yang menginspirasi. Orang tua bisa menceritakan berbagai pengalaman yang mengesankan dan terinspirasi dari Alquran atau kisah lain yang inspiratif seperti kisah para nabi.

Saat bercerita kepada anak berarti orang tua juga harus memperluas wawasan dengan membaca. Orang tua dapat membaca buku-buku inspiratif tentang ajaran Islam, atau judul buku anak islami lainnya. Jadi bukan hanya anak yang aktif, tapi orang tua juga berkembang bersama Si Kecil.

Bercerita kepada anak tentang cerita-cerita hebat yang inspiratif juga bisa menjadi cara mudah dan menyenangkan untuk mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam. Ada banyak sekali kisah Islami yang bisa dipilih, tinggal orang tua yang mencari cara agar cerita itu menarik untuk anak.

3. Mengenalkan Tokoh-Tokoh Islam

Orang tua bisa mengenalkan tokoh-tokoh Islam, penemu-penemu Islam, dan juga pahlawan-pahlawan Islam yang bisa menjadi contoh dan sumber informasi bagi anak. Tidak hanya ditayangkan di TV saja, pada channel Youtube-pun banyak tokoh-tokoh Islam yang ramah anak.

Jadi selain anak memiliki tokoh idola sendiri, tapi juga bisa memiliki tokoh favorit Islami sendiri. Sehingga anak akan terpacu untuk bisa menjadi tokoh tersebut, misalnya dengan cerita heroik dari Muhammad Al Fatih yang memiliki prestasi yang hebat saat usia muda.

4. Mulai dari Diri Orang Tua

Anak-anak akan lebih percaya pada apa yang dilakukan dan diucapkan oleh orang tua. Dan, cara mendidik anak menurut ajaran Islam yang baik adalah dengan memperkuat iman orang tua agar anak tumbuh menjadi pribadi yang beriman.

Anak-anak akan mencontoh apa yang dilakukan dan ucapkan. Oleh sebab itu, sebagai orang tua harus berhati-hati dalam berucap dan bertingkah laku, sebab bisa saja ditiru oleh anak. Berikan contoh berprilaku yang terbaik untuk anak.

Anak adalah sumber kebahagiaan bagi orang tua. Dan Rasulullah SAW. juga bersabda, rumah yang disebut rumah kebahagiaan adalah rumah yang diisi oleh anak-anak yang berbahagia.

@madualhafizh

Orang tua beruntung yang telah membahagiakan anaknya #PinterMilihTemen#sahabatquran#quotesislamic#samasamabelajar#FilmTeyvatIslands#sahabathijrah#islamic_video

♬ Kiss the Rain – Richard Abel

Demikian hadis tentang mendidik anak serta cara mendidik anak menurut Islam yang bisa dilakukan oleh para orang tua.

Tags: ,

Bagikan ke

Anak Sebagai Perhiasan Dunia

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Jual Madu Hutan Asli Sumatera di Medan dan Sekitar
11 Februari 2019

Sering kali, telepon yang masuk ke nomor 0813-7072-1854 menanyakan, “abang jual madu asli?” atau “abang jual madu hutan asli?” Kalau... selengkapnya

Manfaat Madu untuk Kulit Lebih Indah dan Terawat
12 Desember 2016

Manfaat Madu untuk Kulit Lebih Indah dan Terawat. Manfaat madu untuk kulit salah satunya adalah membuat penuh percaya diri dengan... selengkapnya

Ingin Bahagia? Makanlah yang Halal dan Baik
8 Agustus 2022

Ingin Bahagia? Makanlah yang Halal dan Baik. Agama Islam memberikan perhatian yang cukup tinggi terhadap pola dan gaya hidup umatnya. Salah... selengkapnya

Agen/ Reseller Madu Asli Di Dekat Anda
22 Januari 2018

Dengan berkembangnya teknologi internet, hal ini memudahkan banyak usahawan dalam memasarkan produknya secara online. Tidak terkecuali produk madu asli. Situs... selengkapnya

Mengkonsumsi Madu Sebelum Makan Yang Aman dan Menyehatkan
27 Desember 2016

Mengkonsumsi Madu Sebelum Makan Yang Aman dan Menyehatkan. Mengkonsumsi madu sebelum makan bagi sebagian orang adalah hal yang baru dan... selengkapnya

Dropshipper Refillmadu
12 Desember 2016

Dropshipper Refillmadu Ini adalah beberapa persyaratan yang resmi dari Refillmadu, mengenai dropshipper. Persyaratan Keterangan 1 Biaya Pendaftaran Tidak ada/ Gratis... selengkapnya

Bisakah Madu Mengobati Sariawan dalam Waktu yang Relatif Singkat?
12 Desember 2016

Bisakah Madu Mengobati Sariawan dalam Waktu yang Relatif Singkat? Madu mengobati sariawan adalah salah satu fungsi  madu sebagai obat alternatif... selengkapnya

Madu For Mama (Menyusui)
18 Agustus 2015

Kasih Ibu Sepanjang Masa, untuk Buah Hati Tercinta, Banyak orang yang menanyakan kepada Refillmadu.com, madu apa yg cocok buat bayi.... selengkapnya

Benarkah Madu Mengatasi Hipertensi Tanpa Memberikan Efek Buruk?
7 Januari 2017

Benarkah Madu Mengatasi Hipertensi Tanpa Memberikan Efek Buruk? Sebagian orang beranggapan madu mengatasi hipertensi adalah sesuatu yang masih perlu pembuktian... selengkapnya

Mitos Atau Fakta Madu Untuk Bayi Berbahaya
30 Desember 2018

Kondisi ASI yang tidak lancar pasca melahirkan, cenderung mendorong Ibu mencari sumber asupan seperti susu formula atau madu untuk bayi.... selengkapnya

Anak Sebagai Perhiasan Dunia

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: