Beranda » Blog » Resep Masakan Ayam Bakar Madu Lezat

Resep Masakan Ayam Bakar Madu Lezat

Diposting pada 22 September 2022 oleh bang mimin / Dilihat: 27 kali
Resep Masakan Ayam Bakar Madu Lezat

Resep Masakan Ayam Bakar Madu Lezat

Resep Masakan Ayam Bakar Madu Lezat

Resep Masakan Ayam Bakar Madu Lezat. Masakan ayam bakar dengan madu, rasanya sungguh sangat nikmat. Dari rasanya yang nikmat, masih banyak orang yang belum tahu apa saja bahan, bumbu,  dan trik memasaknya. Di artikel ini kami akan memberikan resep masakan ayam bakar madu yang sangat lezat.

Namun, sebelum kita masuk ke resep, kenapa madu menjadi bahan tambahan di masakan ini? Apakah memberi manfaat? Dan, apa manfaat dari daging ayam? Mari kita simak!

Manfaat Daging Ayam yang Jarang Wajib Diketahui

Kandungan gizi di dalam daging ayam

Ayam bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan. Bahkan saat ini, ayam yang sudah digoreng dengan tepung diberi sedikit sensasi hancur dengan cara digeprek.

Memangnya, apa saja kandungan gizi di dalam daging ayam segar? Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram daging ayam memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

  • Air: 55,9 ml
  • Energi: 298 kalori
  • Protein: 18.2 gr
  • Lemak: 25.0 gr
  • Kalsium: 14 mg
  • Fosfor: 200 mg
  • Zat besi: 1.5 mg
  • Natrium: 109 mg
  • Kalium: 385.9 mg
  • Zinc: 0.6 mg
  • Niasin : 10.4 mg

Kandungan gizi daging ayam di atas yaitu saat masih segar dan mentah. Saat diolah, komposisi nutrisi di dalamnya akan berubah.

Manfaat dan khasiat daging ayam tergantung pada cara memasaknya. Maka, Anda perlu memahami cara mengolah daging ayam agar gizinya tetap terjaga.

Namun, bukan berarti Anda memakan ayam mentah karena bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Baca Juga : Resep Herbal Sehat dengan Daun Jeruk

Manfaat dan khasiat daging ayam

Daging ayam sangat mudah didapatkan, baik di pasar tradisional maupun modern. Harga daging ayam juga cenderung lebih murah dibanding sapi.

Berikut manfaat dan khasiat daging ayam untuk kesehatan tubuh yang mampu memenuhi kebutuhan protein hewani.

1. Membantu kesehatan jantung

Protein hewani bisa didapatkan dari berbagai jenis daging, salah satunya ayam. Namun, protein daging ayam lebih baik dibanding yang lain.

Dalam situs resmi American Heart Association (AHA) dijelaskan bahwa daging merah, seperti sapi, babi, dan domba memiliki lebih banyak lemak jenuh dibanding ayam.

Lemak jenuh dan lemak trans bisa meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Protein daging ayam yang tinggi lemak tak jenuh memiliki manfaat untuk mengurangi risiko gagal jantung, penyakit jantung koroner, dan stroke iskemik.

Protein di dalam daging ayam sama baiknya dengan kacang-kacangan dan ikan.

Namun, tetap harus diperhatikan cara pengolahannya. Menggoreng dengan banyak minyak tentu akan meningkatkan kadar lemak jenuh pada daging ayam.

Sebaiknya mengolah daging ayam dengan cara dikukus atau rebus agar manfaat dan khasiat tetap terjaga.

2. Membantu menurunkan berat badan

Daging ayam termasuk bahan makanan sehat yang bisa membantu menjaga atau menurunkan berat badan.

Pasalnya, daging ayam mengandung rendah kalori tetapi tinggi protein, terutama bagian dada. Cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet atau menjaga berat badan.

Berdasarkan penelitian dari National Library of Medicine, protein membuat perut lebih cepat kenyang sehingga bisa membantu penurunan berat badan.

Protein di dalam daging ayam juga memiliki manfaat untuk meningkatkan massa otot.

3. Meningkatkan kekuatan tulang

Kandungan protein di dalam daging ayam memiliki manfaat dan khasiat untuk kekuatan tulang.

Hal tersebut dijelaskan dalam jurnal berjudul Dietary Protein and Skeletal Health: A Review of Recent Human Research.

Protein di dalam daging ayam berpengaruh pada kepadatan tulang dan penyerapan kalsium.

Mengonsumsi makanan dengan protein tinggi juga bisa meningkatkan massa tubuh tanpa menambahkan lemak.

4. Meningkatkan hormon testosteron

Daging ayam juga memiliki manfaat dalam meningkatkan hormon testosteron.

Sebuah penelitian yang dilakukan Journal of Ayub Medical College (JAMC) dilakukan untuk melihat peningkatan testosteron saat diberikan daging ayam.

Hasilnya, terjadi peningkatan hormon testosteron saat responden mengonsumsi daging ayam. Meski begitu, penelitian ini dilakukan pada tikus.

Perlu dilakukan penelitian lanjutan yang dicoba pada manusia untuk melihat manfaat daging ayam terhadap hormon testosteron.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sup ayam sering digunakan sebagai salah satu makanan rumahan untuk meredakan batuk, pilek, dan masalah pernapasan lain.

Dikutip dari UCLA Center for East-West Medicine, sup ayam memiliki efek anti-inflamasi (antiradang) yang bisa mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan ringan.

Biasanya saat seseorang terkena flu, tubuh mengetahui adanya peradangan di saluran pernapasan bagian atas.

Respon inflamasi tersebut memberi sinyal pada sel darah putih untuk pindah ke saluran pernapasan. Perpindahan tersebut menimbulkan gejala flu, seperti hidung tersumbat.

Sup daging ayam memiliki manfaat dan khasiat untuk menahan laju perpindahan sel darah putih ke saluran pernapasan atas.

Daging ayam memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, tetap perhatikan cara memasak agar manfaat daging ayam tidak hilang.

Baca Juga : Obat Herbal Diabetes dari Madu

Manfaat Madu Murni, untuk Kesehatan

Madu saat ini menjadi bahan herbal yang dibutuhkan oleh masyarakat. Bukan hanya sebagai makanan detoksifiakasi, menstabilkan stamina, vitamin yang membuat tidur lebih nyenyak, bahkan madu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Madu pun menjadi solusi bagi banyak orang terhadap suatu penyakit yang dialami.

Bahkan, madu pun menjadi bahan masakan tambahan yang dapat menambah cita rasa yang khas dalam masakan. Inilah manfaat yang bisa Anda rasakan jika rutin minum madu.

1. Membantu Meningkatkan Stamina dan Kekebalan Tubuh

Manfaat madu hutan ini disebabkan oleh sifatnya sebagai antibakteri dan antimikroba, terutama pada bakteri Gram positif.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Hal ini disebabkan oleh kandungan fruktosa dan glukosa yang tinggi pada madu hutan sehingga dapat bertindak sebagai stimulan bagi pencernaan.

3. Menyehatkan Kulit

Madu hutan juga dipercaya dapat mengobati luka bakar, menyehatkan kulit, wajah, dan bibir

4. Menurunkan Tekanan Darah

Madu dikenal sebagai makanan yang memiliki kekuatan antioksidan. Menurut penelitian, antioksidan yang tinggi terbukti mampu menurunkan tekanan darah. Kondisi ini juga akan menurunkan risiko seangan jantung, stroke, hingga beberapa jenis kanker.

5. Memperbaiki Kolesterol

Madu dikenal dapat memperbaiki kualitas kolesterol dalam tubuh. Beberapa penelitian dalam National Institute of Health, madu diketahui mampu mengurangi total kadar kolesterol jahat LDL sekaligus meningkatkan kolesterol baik HDL dalam tubuh. Penelitian yang ada juga menunjukan bahwa konsumsi madu dapat menyebabkan penurunan berat badan sederhana.

6. Menyembuhkan Luka

Sejak zaman Mesir kuno, madu topikal telah dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan luka dan luka bakar. Madu juga diketahui menjadi obat paling efektif untuk menyembuhkan luka bakar parsial dan luka pasca operasi. Para peneliti pecaya bahwa kekuatan penyembuhan madu berasal dari efek antibakteri dan anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya.

7. Bantu Meredakan Batuk Pilek

Dikutip dari WebMD, sejumlah penelitian menunjukan bahwa madu dapat menenangkan selaput yang meradang dan meredakan batuk. Dalam sebuah penelitian lainnya yang melibatkan 139 anak, madu khususnya madu soba diketahui mengalahkan dekstrometorfan (penekan batuk) dan meredakan batuk malam hari pada anak-anak serta meningkatkan kualitas tidur mereka.

Baca Juga : Lebih Segar dengan Susu Kurma

Resep Masakan Ayam Bakar Madu

Resep Masakan Ayam Bakar Madu Lezat

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam utuh
  • Jeruk nipis secukupnya
  • 2 lembar daun salam
  • 2cm lengkuas geprek
  • 6 sdm kecap manis
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 500 ml air
  • 1 sdm garam
  • 1 keping gula merah

Bumbu Dapur

  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt merica
  • 5 cabe keriting

Bumbu Halus

  • 2 sdm kecap manis
  • Secukupnya madu original
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal

Cara Membuat

Cuci bersih ayam, buang bagian dalam, lumuri jeruk nipis, diamkan sesaat lalu cuci bersih kembali. Haluskan bumbu yang akan di masak. Tumis bumbu yang dihaluskan, masukkan ayam. Tambahkan air dan bumbu lainnya. Masak hingga air habis/menyusut. Sebelum masuk oven, oles-oles dengan bumbu olesan di seluruh bagian ayam, bisa ditambahkan dengan bumbu sisa ungkepan tadi.

Panaskan oven 10 menit suhu 180 C, tusuk tepat ditengah bagian ayam, kemudian roasted 50 menit. Karena posisi roasted tidak tepat di tengah, jadi ayam tidak mutar, karena kurang yakin mommy tambah lagi 40 menit, 180 C. Setelah dirasa matang, warna pun berubah jadi kecoklatan, angkat dan sajikan.

Penutup

Demikian artikel ini membahas tentang Resep Masakan Ayam Bakar Madu Lezat. Bagaimana, mudah dilakukan bukan? Bisa Anda masak dirumah, sajikan untuk keluarga tercinta! Atau untuk yang masih single dan baru belajar memasak, masakan ini menjadi eksperimen yang bisa kamu uji sebagai bahan pembelajar, hehe.

Mungkin kamu bertanya, produk madu apa yang dipakai? Kami selalu menggunakan produk Madu Al-Hafizh. Entah itu untuk dikonsumsi langsung, dijadikan bahan resep herbal, ataupun menjadi resep masakan seperti ini. Nah, kami sangat merekomendasikan produk Madu Al-Hafizh ini. Produk ini sudah terbukti keasliannya dari laboratorium ternama, sudah mendapatkan izin BPOM, dan pastinya halal.

Untuk kamu yang ingin tahu tentang produk ini, bisa kamu lihat dengan klik disini, atau kami bisa langsung tanya langsung dengan tim Adminnya, chat langsung dari WhatsApp. Baiklah, kalau begitu. Lagi fokus makan ya? Selamat menikmati !

Tags: , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Resep Masakan Ayam Bakar Madu Lezat

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Madu Hutan Asli Curah dan Makloon Madu Hutan
27 September 2016

Ada dua jenis metode penjualan di refillmadu.com. pertama kami menjual secara eceran dan kedua secara grosir. Untuk produk produk umum... selengkapnya

Kadaluarsa Madu, Apakah ada expired madu?
27 Desember 2018

“Walah…. kek gini Ko bilang madu enak, ini sih madu kadaluarsa. Ko rasa ajalah sendiri.” Teriak Marudut ketika meminum madu... selengkapnya

Pemanfaatan Madu untuk Luka Operasi yang Belum Banyak Diketahui Orang
3 Januari 2017

Menggunakan madu untuk luka operasi adalah penyembuhan alami yang murah dan aman, meskipun belum banyak orang yang mengetahuinya. Sudah tidak... selengkapnya

Ternyata Madu dan Kopi Memiliki Banyak Kesamaan Manfaat
1 Agustus 2017

Kopi memang saat ini sedang booming, hampir setiap sudut kota ada orang membuka gerai seduh kopi. mulai dari bangunan permanen... selengkapnya

MADU MENGOBATI DIARE DENGAN MUDAH DAN EFEKTIF
12 Desember 2016

Madu mengobati diare sebagai obat herbal alami saat ini sudah mulai sering digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan dalam upaya... selengkapnya

Benarkan Menggunakan Madu Untuk Cacar Air Sangat Efektif?
22 Januari 2017

Madu untuk cacar air menjadi pilihan untuk mengobati sakit cacar. Sebelumnya mari kita ketahui apa itu cacar air. Penyakit cacar... selengkapnya

Manfaat Minum Madu Secara Rutin yang Kami Rasakan
25 Juli 2018

Manfaat minum madu – Kami bersyukur, hari ini kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi bahan makanan yang kaya manfaat semakin meningkat. Salah... selengkapnya

Pengobatan Alami Madu untuk Liver yang Patut Kita Ketahui
21 Januari 2017

Penggunaan madu untuk liver memang sangat berkhasiat dalam memperbaiki fungsinya. Liver atau yang sering disebut dengan hati merupakan salah satu... selengkapnya

Anak Sebagai Perhiasan Dunia
4 Agustus 2022

Anak Sebagai Perhiasan Dunia. Anak, adalah amanah bagi setiap orang tua. Karena itulah sudah menjadi kewajiban bagi keduanya untuk mendidik... selengkapnya

Agen/ Reseller Madu Asli Di Dekat Anda
22 Januari 2018

Dengan berkembangnya teknologi internet, hal ini memudahkan banyak usahawan dalam memasarkan produknya secara online. Tidak terkecuali produk madu asli. Situs... selengkapnya

Resep Masakan Ayam Bakar Madu Lezat

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: