Beranda » Blog » Lebih Segar dengan Susu Kurma

Lebih Segar dengan Susu Kurma

Diposting pada 16 September 2022 oleh bang mimin / Dilihat: 29 kali
Lebih Segar dengan Susu Kurma

Lebih Segar dengan Susu Kurma

Lebih Segar dengan Susu Kurma

Lebih Segar dengan Susu Kurma. Semakin banyak orang-orang untuk lebih kreatif dalam seni memasaknya. Bukan hanya makanan, minuman pun tak kalah banyak untuk dikombinasikan dengan bahan yang unik untuk disatukan.

Contohnya saja dengan susu dan kurma. Minuman susu yang kita kenal, entah itu susu bubuk, ataupun susu UHT cair, biasanya kita gunakan untuk menjadi minuman  sebagai penambah stamina. Selain itu susu juga memperkuat kalsium dalam tubuh, ataupun menjadi campuran dalam makanan agar terasa lebih manis.

Tapi, pernahkah kita mencampurkan susu dengan buah kurma? Kurma yang dihaluskan, lalu dicampur dengan susu. Seperti apa kira-kira rasanya? Semanis apa ya? Ini adalah hal yang menarik, dan sangat kreatif sehingga kita menghadirkan cita rasa yang baru di lidah kita. Susu dengan kurma, bukankah kedua bahan ini memiliki manfaat yang luar biasa? Bayangkan kita campur kedua bahan ini lalu kita konsumsi. Pasti tubuh kita sangat merasa berterima kasih kepada kita. Dan mengeluarkan respon yang positif dalam tubuh kita.

Bagi Anda yang belum tahu apa saja manfaat dari masing-masing bahan, tenang saja. Di artikel ini kami juga akan memaparkan apa saja manfaat dari susu dan juga kurma. Kita sering mengkonsumsinya, tapi mungkin kita lupa atau belum tahu apa saja manfaat yang terkandung didalamnya. Mari disimak bersama!

Manfaat Buah Kurma untuk Tubuh

Buah kurma merupakan makanan yang mudah dijumpai, khususnya di bulan Ramadan. Selama ini, buah kurma digadang-gadang bisa menjadi sumber energi, khususnya untuk orang yang sedang dalam proses penyembuhan.

Ya, itu memang tak salah. Namun sebenarnya, masih ada lagi manfaat kurma untuk kesehatan.

Sebagai informasi, Anda dapat membedakan kurma segar dan kurma yang dikeringkan dengan melihat kulitnya.

Jika kulit kurma berkerut, berarti kurma tersebut sempat dikeringkan demi pengemasan yang baik. Apabila kulit kurma masih halus, artinya itu adalah kurma segar.

Jangan khawatir, keduanya tetap memiliki manfaat yang sama. Sesuaikan saja dengan selera Anda.

Kandungan yang ada di dalam kurma amat beragam. Sebut saja karbohidrat, serat, protein, vitamin B6, besi, magnesium, dan kalium. Berkat kandungan tersebut, kurma memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti:

1. Mencukupi Kebutuhan Kalori

Karena sering kali dikeringkan, kadar kalori yang terkandung dalam buah kurma termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Ini mirip dengan kismis dan buah ara.

Tubuh kita senantiasa memerlukan kalori untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Tanpa energi yang cukup, sel-sel dalam tubuh tentunya akan terganggu.

2. Membantu Mencukupi Kebutuhan Gizi

Kurma mengandung vitamin dan mineral di dalamnya. Mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium.

Vitamin dan mineral termasuk mikronutrien. Artinya dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit namun tetap penting bagi kesehatan.

3. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Jika ingin memiliki kondisi mata dan kulit yang selalu sehat, konsumsilah buah kurma bersamaan dengan buah-buahan lainnya.

Kandungan nutrisi yang ada dalam buah kurma dapat menurunkan risiko gangguan mata serta membuat kulit tetap elastis dan halus.

Ini berkat zat asam pantotenat pada kurma, sehingga kulitmu tampak lebih segar dan glowing!

4. Mencegah Konstipasi

Buah kurma bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, karena mengandung serat sebanyak 7 gram dalam porsi 3,5 ons (0,99 kg).

Karena itu, mengkonsumsi kurma bermanfaat untuk mencegah konstipasi dan bikin gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

Jadi, jika ingin buang air besar lebih lancar, konsumsilah kurma dan buah-buah lainnya.

5. Menangkal Radikal Bebas

Selain kaya akan vitamin dan mineral, kurma juga mengandung antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan antioksidan tersebut dapat membantu tubuh melawan berbagai radikal bebas.

Radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit, mulai dari stroke hingga penyakit jantung.

6. Melancarkan Proses Persalinan Normal

Makan kurma secara rutin bisa bermanfaat untuk ibu hamil. Ya, bila kamu konsumsi buah ini tiap hari selama beberapa minggu terakhir sebelum lahiran, itu bisa membantu melancarkan persalinan normal.

Efek yang dihasilkan adalah leher rahim akan melebar, sehingga induksi tidak perlu dilakukan lagi. Bahkan, dengan makan kurma tiap hari sebelum melahirkan, bisa juga mengurangi waktu persalinan!

Meski demikian, efektivitasnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

7. Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Dengan rasanya yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Bonusnya lagi, tak cuma memaniskan, kurma pun kaya nutrisi, serat, dan antioksidan!

Walau masih membutuhkan penelitian lebih dalam, buah kurma juga dipercaya bisa membantu mengatur gula darah.

8. Mencegah Diabetes

Walaupun memiliki rasa yang manis, ternyata kurma tidak terlalu meningkatkan kadar gula dalam darah.

Oleh karena itu, buah ini tetap dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes asalkan jumlahnya tidak berlebihan.

Namun, sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat serta membatasi asupan manis untuk dapat menurunkan risiko diabetes.

9. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan mineral di dalam kurma ternyata sangat baik untuk organ jantung. Dengan konsumsi kurma, maka akan memberi manfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Agar jantung selalu sehat, jangan lupa juga untuk rutin berolahraga dan menjalankan pola makan sehat serta seimbang.

10. Baik untuk Tulang

Buah kurma menyimpan khasiat untuk kesehatan tulang. Ini berkat kandungan mineral yang ada di dalamnya.

Konsumsi kurma dianggap dapat membantu menurunkan risiko terjadinya osteoporosis.

Selain dengan makan kurma, jagalah kesehatan tulangmu dengan rutin berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari pagi, dan memenuhi asupan kalsium serta vitamin D lewat makanan bergizi.

11. Jadi Menu Tambahan dalam Diet

Kurma dapat dimakan secara langsung atau dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya, seperti kacang almond, keju, smoothies, oatmeal, hingga ke dalam adonan biskuit.

Namun, karena kalorinya cukup tinggi, tak perlu menambahkan terlalu banyak, ya. Jika berlebihan, bukan tidak mungkin berat badan kamu malah akan naik.

12. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Bukan cuma air kelapa, lho, yang bisa membantu menggantikan elektrolit yang hilang. Buah kurma pun bisa!

Dengan kadar kalium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma juga bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot-otot.

13. Melindungi Tubuh dari Peradangan

Untuk membuat tubuh terlindungi dari berbagai macam jenis radang, tubuhmu membutuhkan asupan antioksidan yang cukup, salah satunya dari polifenol. Kurma kaya akan polifenol ketimbang buah lainnya.

Studi menunjukkan bahwa orang yang pola makannya kaya polifenol – mengonsumsi lebih dari 650 mg per hari – memiliki risiko kematian yang lebih rendah daripada mereka yang mendapatkan kurang dari 500 mg per hari.

14. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat kurma yang pasti bakal disukai pasangan suami istri adalah bisa meningkatkan kesuburan, baik pada wanita maupun pria. Itu semua berkat kandungan asam amino dan sengnya.

Di Timur Tengah, serbuk sari kurma (date palm pollen) dijadikan obat untuk mengatasi infertilitas, terutama pada pria.

Biji dan serbuk sari kurma pun memiliki senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi wanita dan pria.

15. Menghalau Anemia

Ternyata konsumsi kurma juga dapat membantu mencegah terjadinya anemia.

Dengan makan kurma secara rutin, maka akan membuat kamu tidak mudah lelah dan pucat akibat anemia.

Sebab, kandungan zat besi dalam buah ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

Itu dia berbagai manfaat kurma untuk kesehatan. Mulai dari untuk melancarkan sistem pencernaan hingga menjaga kesehatan jantung. Sangat beragam, bukan?

Baca Juga : Kopi Campur Madu, Kira-kira Jadi Apa Ya?

Manfaat Susu UHT Plain bagi Tubuh

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Susu mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik yang dibutuhkan setiap orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu, susu juga bisa menjadi sumber asupan vitamin B12 dan vitamin D yang cukup sulit didapatkan dari makanan lain.

Di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, nutrisi-nutrisi ini juga sangat penting untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Protein dan berbagai macam vitamin dan mineral pada susu mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

2. Membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi anak

Minum susu erat kaitannya dengan kesehatan tulang dan gigi, apalagi untuk anak-anak. Alasannya adalah karena susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang paling mudah didapatkan.

Di usia pertumbuhan, anak-anak membutuhkan banyak asupan kalsium agar tulangnya bisa tumbuh kuat dan optimal. Dengan begitu, ia bisa memiliki tinggi badan yang sesuai dengan usianya.

Anak-anak berusia 1-3 tahun membutuhkan 700 mg kalsium per hari, sedangkan anak-anak usia 4-8 tahun membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium per hari. Kekurangan kalsium pada anak bisa menyebabkan pertumbuhannya terhambat.

3. Menjaga kesehatan tulang hingga mendukung kerja sistem saraf

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh setiap orang. Selain untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, kalsium juga diperlukan untuk mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot. Pada orang dewasa, kekurangan kalsium bisa menyebabkan osteomalacia dan osteoporosis.

Orang dewasa yang berusia kurang dari 50 tahun membutuhkan sebanyak 1000 mg kalsium per hari, sementara yang berusia lebih dari 50 tahun membutuhkan sekitar 1200 mg kalsium per hari.

4. Sebagai sumber energi

Karena kandungan gizinya tidak berkurang meski sudah melewati proses pasteurisasi, susu cair UHT sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi dan nutrisi bagi Bunda sekeluarga dalam melakukan berbagai aktivitas setiap hari.

Setelah mengetahui beragam manfaat susu cair UHT full cream, sayang rasanya kalau tidak membiasakan diri untuk minum susu setiap hari. Susu baik dikonsumsi pada pagi hari untuk membantu meningkatkan energi sebelum memulai aktivitas, serta di malam hari untuk meningkatkan kualitas tidur.

Resep Susu Kurma

Ini adalah resep susu kurma, sangat mudah untuk dibuat. Rasakan kesegaran dan manis yang murni, dengan paduan dan kombinasi antara kurma dan juga susu UHT Plain. Selamat mencoba!

Lebih Segar dengan Susu Kurma

Lebih Segar dengan Susu Kurma

Bahan-Bahan

  • 11 butir kurma
  • 700ml susu UHT Plain

Cara Membuat

Masukkan susu dan kurma tanpa biji ke blender. Blender sampai kurma halus. Saring susu kurma supaya bersih dari ampas. Setelah itu masukkan dalam wadah atau bisa langsung diminum. Susu kurma siap dinikmati, biar lebih segar tambahkan es batu.

Baca Juga : Ganti Gula ke Madu, Kampanye Refillmadu

Manfaat Mengkonsumsi Susu Kurma

Selain memaparkan manfaat masing-masing bahan, setelah mencampurkan kedua bahan ini pun memiliki manfaat yang baik. Apa saja? Mari disimak!

Susu Kurma Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat yang ditawarkan oleh susu kurma adalah baik untuk kesehatan jantung. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya ternyata dapat menurunkan pemicu penyakit jantung.

Mengonsumsi kurma salah satu manfaatnya adalah dapat menurunkan tekanan darah hingga menjadi stabil. Hal ini dikarenakan kurma kaya akan kalium, tetapi memiliki natrium yang cukup sedikit.

Kalium membantu menurunkan tekanan darah dan membantu tubuh mendorong natrium, sehingga pembuluh darah tidak begitu terganggu.

Selain itu, serat yang ada pada kurma pun juga membantu menjaga jantung tetap dalam kondisi sehat. Normalnya, empat buah kurma mengandung 6 gram serat yang memenuhi lebih dari 30% nilai kebutuhan harian.

Campuran antara susu yang menjadi sumber kalium untuk tubuh dengan kurma membuat keduanya bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mengurangi risiko penyakit jantung.

Susu Kurma Membantu Meringankan Sembelit

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat susu kurma lainnya adalah membantu meringankan sembelit. Bagaimana bisa?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kurma kaya akan serat. Apabila Anda mengalami sembelit, salah satu cara mengatasinya adalah makan makanan berserat.

Pasalnya, serat tidak sepenuhnya dapat dicerna, tetapi menahan air saat melewati usus Anda. Lalu, air tersebut akan melunakkan BAB dan membantu meringankan sembelit.

Cobalah untuk mengambil 5-6 kurma dan tambahkan ke dalam susu Anda. Jangan lupa untuk mengolah susu ini dan biarkan hingga dingin. Usahakan untuk mengonsumsinya dalam perut kosong pada pagi hari.

Campuran susu dengan kurma akan memudahkan Anda untuk mendapatkan serat yang dapat membuat BAB lancar melewati usus.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Konsumsi Madu Bawang Putih?

Susu Kurma Memperkuat Tulang

Seperti yang Anda ketahui bahwa konsumsi susu dapat memperkuat tulang. Namun, apakah susu kurma memiliki manfaat yang sama?

Jawabannya adalah iya. Baik susu dan kurma kaya akan kalsium. Bahkan, kurma juga mengandung selenium, tembaga, dan magnesium yang bersifat memperkuat tulang Anda. Tidak hanya tulang, kandungan nutrisi ini juga membuat gigi lebih kuat.

Kalsium dan magnesium bekerja sebagai pendorong agar tulang manusia lebih kuat. Selain itu, tubuh juga mengeluarkan kalsium setiap hari dan butuh membutuhkan yang baru untuk menggantikan kalsium yang hilang.

Maka itu, susu kurma yang mengandung kalsium tinggi mungkin menjadi bisa Anda tambahkan untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium.

Susu Kurma Baik untuk Kesehatan Kulit

Siapa sangka konsumsi susu kurma ternyata bisa memberikan manfaat untuk kulit yang lebih cerah dan lembut. Menurut penelitian dari Scientific World Journal, kurma mengandung sifat anti penuaan, yaitu phytohormone.

Hormon ini dinilai dapat membantu mengurangi efek penuaan yang cukup berpengaruh.

Sementara itu, ketika Anda akan memilih susu mungkin sering melihat label vitamin D pada kotaknya. Kenyataannya, hampir semua susu sapi UHT telah diperkaya oleh vitamin D.

Kandungan vitamin D pada susu pun dapat membantu melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet dan mengurangi risiko kulit kering dan eksim. Maka itu, campuran susu dan kurma memberikan efek yang baik bagi kesehatan kulit.

Susu Kurma Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kaya akan vitamin B, kalium, dan natrium ternyata membuat manfaat susu kurma dapat menjaga kesehatan sistem saraf. Ketiga nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk tubuh agar dapat mengirimkan pesan dari tubuh ke otak, serta sebaliknya lewat sistem saraf.

Terlebih lagi, ion pada natrium dan kalium juga menghasilkan rangsangan saraf yang membantu menyampaikan pesan dari otak. Oleh karena itu, konsumsi susu kurma menjadi alternatif yang baik untuk yang ingin sistem sarafnya tetap sehat.

Manfaat susu kurma memang banyak dan sungguh berkhasiat bagi tubuh, terutama saat Anda menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Kandungan nutrisi dan vitaminnya dapat Anda manfaatkan ketika sahur dan berbuka agar puasa lancar dan tubuh tetap sehat.

Penutup

Seperti manfaat yang kita paparkan diatas, sudah pasti susu kurma yang segar ini memiliki efek yang sangat baik untuk tubuh kita. Selain daripada itu, susu kurma ini juga bisa menjadi ide bisnis Anda untuk berjualan usaha kuliner.

Susu kurma ini sangat aman untuk dikonsumsi untuk semua kalangan. Sangat mudah kan? Jika kamu tidak punya blender, menghaluskan kurma bisa juga dilakukan dengan menekan-nekan kurma dengan sendok atau garpu sampai halus. Kemudian campurkan dengan susu, aduk sampai merata.

Demkianlah artikel ini membahas tentang Lebih Segar dengan Susu Kurma. Jika artikel ini sangat bermanfaat bagi Anda, silahkan bagikan artikel ini ke rekan, keluarga, dan orang tersayang Anda. Sudah dipraktekkan? Selamat mencoba!

Tags: , , , , ,

Bagikan ke

Lebih Segar dengan Susu Kurma

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Bisnis Plan Refill Madu
6 Juni 2016

Reseller   1. Mendaftar Via WEB Refillmadu.com (Menu Daftar Affiliate) Mendaftar di web Refillmadu.com (menu Reseller) Diskon pembelian mulai dari... selengkapnya

Ternyata Orang yang Berhutang adalah Pencuri
2 Agustus 2022

Ternyata Orang yang Berhutang adalah Pencuri. Agama Islam sudah mengatur segala aspek kehidupan manusia secara umum dalam Al-Qur’an dan hadits... selengkapnya

Khasiat Madu Untuk Tidur Nyenyak Meningkatkan Kualitas Kesehatan
8 Januari 2017

Manfaat madu untuk tidur nyenyak adalah sebuah solusi alami bagi anda yang ingin bebas dari gangguan tidur. Bermanfaat pula bagi... selengkapnya

PERAWATAN ALAMI MADU UNTUK WAJAH KERING YANG PATUT DICOBA
12 Desember 2016

Penggunaan madu untuk wajah kering adalah satu di antara sekian banyak manfaat madu yang dapat kita rasakan dalam hal perawatan... selengkapnya

Ternyata Madu dan Kopi Memiliki Banyak Kesamaan Manfaat
1 Agustus 2017

Kopi memang saat ini sedang booming, hampir setiap sudut kota ada orang membuka gerai seduh kopi. mulai dari bangunan permanen... selengkapnya

Tips Mudah Menjadikan Madu Penguat Kandungan Ibu Hamil
27 Maret 2017

Menjadikan madu penguat kandungan bagi ibu hamil adalah tips sederhana yang terbukti ampuh dalam menjaga stamina dan kesehatan selama proses... selengkapnya

Terapi Madu Untuk Hidung Tersumbat Yang Mudah Digunakan
13 Januari 2017

Pengobatan menggunakan madu untuk hidung tersumbat adalah cara alami tanpa obat-obatan yang terkadang menimbulkan alergi dan efek samping yang tidak... selengkapnya

Sudahkah Kita Bertetangga dengan Baik?
6 Agustus 2022

Dalam Islam, ada yang disebut dengan adab bertetangga yang harus kita perhatikan dan kita jaga. Tetangga adalah orang yang paling... selengkapnya

BAGAIMANA MADU MENGOBATI SAKIT MAAG SECARA EFEKTIF?
12 Desember 2016

Efektifitas madu mengobati maag mulai semakin dipahami sebab khasiat madu yang mampu memperbaiki sistem cerna. Maag terjadi akibat adanya infeksi... selengkapnya

Agen/ Reseller Madu Asli Di Dekat Anda
22 Januari 2018

Dengan berkembangnya teknologi internet, hal ini memudahkan banyak usahawan dalam memasarkan produknya secara online. Tidak terkecuali produk madu asli. Situs... selengkapnya

Lebih Segar dengan Susu Kurma

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: