Beranda » Blog » Manfaat Terapi Sengat Lebah untuk Sembuhkan Banyak Penyakit

Manfaat Terapi Sengat Lebah untuk Sembuhkan Banyak Penyakit

Diposting pada 2 November 2022 oleh bang mimin / Dilihat: 523 kali
Manfaat Terapi Sengat Lebah untuk Sembuhkan Banyak Penyakit

Manfaat Terapi Sengat Lebah untuk Sembuhkan Banyak Penyakit

Manfaat Terapi Sengat Lebah untuk Sembuhkan Banyak Penyakit

Manfaat Terapi Sengat Lebah untuk Sembuhkan Banyak Penyakit. Terapi sengat lebah merupakan metode pengobatan tradisional yang sudah dipraktikan sejak dulu. Terapi yang memanfaatkan racun dari sengatan lebah ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, salah satunya rheumatoid arthtitis.

Terapi sengat lebah bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan menempelkan langsung sengat lebah ke kulit manusia. Kedua, dengan menyuntikkan ekstrak racun lebah ke bagian tubuh yang akan diobati. Apapun cara yang dipilih, terapi alternatif satu ini diyakini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Terapi Sengat Lebah

Racun lebah mengandung zat kimia yang memiliki efek antiperadangan. Senyawa-senyawa tersebut diduga mampu mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan penyakit tertentu dengan cara mengurangi peradangan.

Berbagai penelitian telah mengkaji manfaat terapi sengat lebah untuk mengobati berbagai penyakit, di antaranya:

1. Alergi

Terapi sengat lebah diduga efektif membantu mengurangi reaksi kekebalan tubuh penderita alergi, salah satunya adalah alergi sengatan lebah. Lebih jauh lagi, terapi alternatif ini dipercaya dapat mengurangi reaksi peradangan pada penderita asma.

Meski demikian, sejauh ini belum ada bukti klinis yang kuat untuk mendukung manfaat terapi sengat lebah sebagai pengobatan alergi secara umum.

2. Rheumatoid arthritis (RA)

Penelitian menemukan bahwa terapi sengat lebah dapat mengurangi bengkak, nyeri, dan kaku sendi pada penderita rheumatoid arthritis. Selain itu, menurut penelitian lain,  pemberian obat-obatan untuk menangani gejala rheumatoid arthritis ditambah terapi sengat lebah juga terlihat mampu mencegah kekambuhan penyakit ini.

3. Lupus

Penelitian yang dilakukan terhadap hewan menunjukkan bahwa terapi sengat lebah mampu mengurangi peradangan ginjal akibat lupus secara signifikan. Namun, penelitian lebih lanjut terhadap manusia masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat terapi sengat lebah yang satu ini.

4. Penyakit saraf

Terapi sengat lebah juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif dalam mengatasi penyakit saraf, seperti penyakit Parkinson dan multiple sclerosis.  Manfaat terapi sengat lebah untuk pengobatan penyakit ini diduga berhubunga dengan efek racun lebah yang memiliki sifat antiradang.

5. Nyeri punggung

Suatu penelitian klinis kecil menunjukkan bahwa penderita nyeri punggung kronis mengalami perbaikan nyeri dan menjadi lebih nyaman menjalani aktivitas setelah mendapatkan terapi sengat lebah selama 3–6 minggu.

Meski terapi sengat lebah diduga dapat membantu mengobati penyakit tertentu, efektivitas dan keamananan terapi alternatif ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Efek Samping Terapi Sengat Lebah

Meski menawarkan banyak manfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, sengat lebah mengandung zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang. Reaksi alergi tersebut bisa berakibat fatal.

Bahkan bagi orang yang tidak alergi, terapi sengat lebah tetap berisiko menimbulkan efek samping, seperti gatal, kulit bengkak, sakit kepala, batuk, kontraksi rahim, kulit menguning (jaundice), nyeri, dan lemah otot.

Jika Anda memutuskan untuk menjalani terapi sengat lebah, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Pastikan terapi sengat lebah dilakukan oleh tenaga profesional bersertifikat yang memahami efek samping dan risiko dari metode pengobatan alternatif ini.

Bagikan ke

Manfaat Terapi Sengat Lebah untuk Sembuhkan Banyak Penyakit

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Manfaat Terapi Sengat Lebah untuk Sembuhkan Banyak Penyakit

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: