Beranda » Blog » Tentang Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Tentang Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada 14 August 2017 oleh bang mimin / Dilihat: 287 kali

Manfaat minyak zaitun tentu sudah tidak diragukan lagi, minyak yang kaya akan asam oleik dan pelifenol ini memang sangat baik digunakan untuk kesehatan. Tidak hanya itu, bahkan minyak zaitun juga dapat digunakan untuk kecantikan dan memasak. Olive Oil atau yang sering kita sebut dengan minyak zaitu ialah kandungan minyak yang diperoleh dari buah olea europaea (zaitun), pohon ini berasal dari Basin Mediterania, sebuah daratan di sekitar Laut Tengah yang beriklim mediteran.

Berbicara tentang minyak zaitun, sebenarnya jenis minyak ini sudah dikenal sejak jaman dahulu, bahkan sekitar 400 tahun sebelum masehi, zaitun sudah banyak dimanfaatkan untuk kecantikan dan obat tradisional, karena kandungan vitamin E yang terdapat dalam minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan kulit, mencegah terjadinya kanker, dan baik untuk imunitas tubuh.

manfaat minyak zaitun

 

Berdasarkan proses ekstaksinya, ada 7 jenis minyak zaitun yang perlu Anda ketahui, yakni :

  1. Extra Virgin Olive Oil : ialah minyak zaitun perasan pertama dengan proses cold press (tidak mengalami pemanasan dan tanpa bahan kimia). Ekstra virgin ini merupakan minyak zaitun paling baik karena hanya melewati satu kali proses ekstraksi dan kadar keasamannya  tak lebih dari 1%. Jenis ini sangat aman dikonsumsi langsung karena kandungan mineral dan vitaminnya masil lengkap dan alami.
  2. Virgin Olive Oil : Jenis minyak zaitun ini dihasilkan dengan proses cold press juga namun dari ekstraksi kedua, tingkat keasamannya pun lebih tinggi dibanding dengan extra virgin oil, yakni sekitar 3%. Minyak jenis ini dapat diminum secara langsung atau sebagai campuran salad.
  3. Fino Olive Oil : Jenis ketiga dari minyak zaitun ini merupakan campuran antara extra virgin oil dengan virgin oil.
  4. Pure Olive Oil : Jenis ini merupanya hasil penyulingan minyak zaitun. Berwarna kuning keemasan, biasanya digunakan untuk campuran masakan dan tumis. Kandungan nutrisi pada pure olive oil ini cenderung lebih rendah di banding 3 jenis minyak zaitun yang sudah dipaparkan di atas.
  5. Extract and Refined Olive Oil : Minyak ini dihasilkan dari ekstraksi pertama namun diproses secara kimia. Biasanya zat kimia ini ditambahkan untuk menetralisir rasa dan kadar keasaman dari minyak zaitun itu sendiri.
  6. Extra and Light Olive Oil : Jenis ini adalah hasil pemurnian dari ekstraksi minyak zaitun kualitas rendah, biasanya memiliki warna yang kuning bening serta aroma dan rasanya lebih lembut dibanding jenis lainnya.
  7. Pomace : Minyak yang dihasilkan dari perasan ulang ampas zaitun ekstraksi kedua, biasanya minyak jenis ini diproses secara kimiawi dan digunakan untuk bahan kosmetik, seperti sabun ataupun shampoo.

Dari ke-7 jenis minyak zaitun tersebut, yang paling baik digunakan untuk kesehatan ialah jenis Extra virgin olive oil, meski harga dipasaran dibanderol lebih mahal dari jenis lainnya, namun kandungan multivitaminnya masih lengkap dan alami tanpa campuran kimia.

Lalu apa saja sih yang bisa Kita peroleh dari banyaknya khasiat minyak zaitun?

Kandungan dan Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun mempunyai rasa yang khas dan unik. Selain kaya akan vitamin, minyak zaitun juga mengandung omega 3 dan 6. Meski tergolong berkalori tinggi, minyak zaitun juga banyak menganduk asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat dan asam palmitoleic yang membantu menekan koleterol jahat dan membantu peningkatan produksi kolesterol baik dalam darah. Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu membentengi tubuh dari penyakit jantung koroner, stroke akibat kolesterol jahat, obesitas dan diabetes.

Minyak zaitun jenis ekstra virgin memiliki kandungan senyawa fenolik tyrosol seperti hidroksitirosol, oleurpein dan oleocanthal sebagai anti oksidan paling kuat, dan dapat mencegah tumbuhnya kanker, penyakit saraf degeneratif dan diabetes. Penelitian juga mengemukakan kandungan oleocanthal tersebut berfungsi seperti ibuprofen yang bersifat anti-inflamasi.

Kandungan vitamin E yang tinggi dalam minyak zaitun sangat baik untuk merawat kulit, melindungi dari radikal bebas yang berbahaya. Vitamin K juga termasuk salah satu zat yang dapat kita jumpai dalam kandungan minyak zaitun dan berperan untuk mencegah kerusakan sel saraf pada otak.

berbagai manfaat minyak zaitun bagi tubuh

 

Selain manfaat yang telah diuraikan di atas, manfaat lain dari minyak zaitun masih sangat banyak, misalnya :

  • Manfaat minyak zaitun untuk Kesehatan
  1. Menyehatkan usus
  2. Mencegah resiko kanker usus
  3. Meredakan konstipasi
  4. Mengurangi peradangan sendi
  5. Mencegah penyumbatan pembuluh darah
  6. Memperbaiki sistem kerja pankreas dan pencernaan
  7. Mencegah penyakit kanker
  8. Menyehatkan pembuluh arteri
  9. Menurunkan hipertensi dan kolesterol tinggi
  10. Menyehatkan kulit
  • Manfaat minyak zaitun untuk Kecantikan
  1. Melembabkan Kulit
  2. Anti penuaan dini
  3. Menghilangkan bekas stretch mark
  4. Melembabkan bibir
  5. Menyehatkan rambut

Berbagai manfaat di atas tentu dapat kita peroleh dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun sesuai dosis yang benar. Lalu bagaimana cara penggunaan minyak zaitun yang tepat supaya kita dapat merasakan khasiat  dari minyak zaitun?

 

Beli Minyak Zaitun Disini : Minyak Zaitun Extra Virgin

 

Cara yang tepat agar Manfaat Minyak Zaitun Lebih Optimal

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan minyak zaitun. Pada dasarnya minyak zaitun dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Penggunaan untuk kesehatan bisa dengan cara mengonsumsinya langsung dan apabila digunakan untuk perawatan kecantikan, Anda dapat mengolahnya menjadi masker ataupun lulur. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan :

Apabila dikonsumsi langsung

  1. Pilih jenis minyak zaitun terbaik yakni extra virgin olive oil, yang akan memberikan nutrisi zaitun paling lengkap di antara jenis minyak zaitun lainnya.
  2. Bagi pengguna awal, bisa mengonsumsinya mulai dari jumlah yang sedikit, misalnya 1 sendok teh per hari. Jika sudah terbiasa, bisa ditambahkan dosisnya menjadi 1-2 sendok makan. Hal ini untuk menghindari efek flash out yang terjadi dari perut dikarenakan tahap penyesuaian.
  3. Konsumsi di pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini lebih disarankan karena minyak zaitun akan mudah tercampur dengan enzim pencernaan dan dapat memperbaiki sistem kerja pankreas. Mengonsumsi dalam keadaan perut kosong akan lebih optimal untuk penyerapan ke dalam tubuh.
  4. Beri jeda 1-2 jam sebelum memberikan asupan makanan ke dalam tubuh.

manfaat minyak zaitun dalam kehidupan sehari hari

 

Apabila digunakan untuk perawatan wajah

  • Tuang minyak zaitun ke dalam wadah bersih sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Bersihkan Wajah dengan menggunakan air hangat supaya pori wajah terbuka dan siap menyerap kandungan vitamin E dari minyak zaitun yang sangat baik untuk kulit.
  • Keringkan dengan handuk yang bersih dan lembut.
  • Oleskan minyak zaitun ke seluruh wajah Anda, sambil beri pijatan lembut. Hal ini berfungsi untuk melembabkan dan menyeimbangkan produksi sebum pada wajah.
  • Diamkan dan tunggu hingga 30 menit.
  • Bersihkan dengan tisu wajah terlebih dahulu sebelum membasuh wajah dengan air. Biarkan sisa minyak zaitun pada wajah meresap pada tisu.
  • Tunggu beberapa saat hingga benar-benar kering, kemudian basuh muka dengan air hangat kembali sampai bersih.
  • Biarkan air pada wajah kering dengan sendirinya (tanpa menghanduki), kemudian basuh dengan air dingin atau air es, supaya pori wajah tertutup kembali.
  • Penggunaan minyak zaitun untuk masker wajah dapat dikombinasikan dengan madu asli agar mendapatkan hasil yang lebih baik, kulit wajah sehat dan cantik alami.

Nah, mudah bukan memiliki tubuh sehat dan cantik dengan minyak zaitun?. Manfaat minyak zaitun tidak mustahil akan Anda dapatkan apabila rutin mengonsumsinya dengan tepat disertai dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi dan olahraga teratur. Semoga artikel ini membantu bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat dengan herbal alami yang aman serta sudah terbukti khasiatnya.

 

Bagikan ke

Tentang Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tentang Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: