Beranda » Blog » Bersyukur Akan Melahirkan Kebahagiaan yang Sebenarnya

Bersyukur Akan Melahirkan Kebahagiaan yang Sebenarnya

Diposting pada 3 Desember 2022 oleh bang mimin / Dilihat: 74 kali

Bersyukur Akan Melahirkan Kebahagiaan yang Sebenarnya

Bersyukur adalah bentuk ungkapan terimakasih kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan kepada kita. Sebagai seorang hamba sudah sepantasnya kita selalu memiliki sifat syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan.

Bersyukur merupakan sifat dari para Nabi yang senantiasa berterimakasih kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan, walaupun rintangan dan cobaan datang. Itulah sifat mulia para Nabi.

Ø  Beberapa keutamaan bersyukur

  1. Mengingat Nikmat Allah

Sungguh Allah Maha Mulia telah memberikan rahmat dan nikmat kepada hambanya, berupa kesehatan, rezeki, umur yang berkah agar manusia senantiasa bersyukur. Cara beryukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan adalah dengan mengakui bahwa segala sesuatu yang kita miliki berupa harta, benda, pekerjaan dan lain sebagaiannya adalah anugrah dari Allah SWT.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (Q.s. Ibrahim : 7)

  1. Mendapat Keberkahan Hidup

Salah satu manfaat yang dirasakan jika seseorang memiliki sifat syukur adalah keberkahan hidup. Dengan bersyukur ia merasa tercukupi atas rezeki yang di dapat, rezeki yang disyukuri bisa memberikan manfaat bagi orang lain sehingga mendatangkan keberkahan bagi pemiliknya.

  1. Meningkatkan Keimanan

Orang yang beriman senantiasa memiliki sifat syukur, sebab ketika menjalani kehidupan baik dalam kondisi lapang atau sempit ia tetap bersyukur dan rasa syukurnya tersebut akan menambah keimanannya pada Allah SWT. Dengan bersyukur juga akan senantiasa membuat seseorang memperbaiki dirinya, Rasulullah SAW bersabda :

 “Dua hal apabila dimiliki oleh seseorang dia dicatat oleh Allah sebagai orang yang bersyukur dan sabar. Dala, urusan agama (ilmu dan ibadah) dia melihat kepada yang lebih tinggi lalu meniru dan mencontohnya. Dalam urusan dunia dia melihat kepada yang lebih bawah, lalu bersyukur kepada Allah bahwa ia masih diberi kelebihan”. (HR. Tirmidzi)

Allah SWT telah memberikan begitu banyak nikmat yang tidak akan bisa dihitung berapa jumlahnya, bahkan Allah berfirman di dalam Al-Qur`an tentang kenikmatan yang telah Allah berikan. “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”.

Semoga kita sebagai hambaNya senantiasa memiliki sifat syukur dalam keadaan apapun dan semoga kita mendapat keberkahan serta ridha Nya dengan rasa syukur tersebut.

Bagikan ke

Bersyukur Akan Melahirkan Kebahagiaan yang Sebenarnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

one × five =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Bersyukur Akan Melahirkan Kebahagiaan yang Sebenarnya

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: