Beranda » Blog » Nikmat yang Sering Dilupakan Manusia

Nikmat yang Sering Dilupakan Manusia

Diposting pada 27 October 2022 oleh bang mimin / Dilihat: 968 kali
Dua Nikmat yang Banyak Dilalaikan Manusia dan Tertipu

Nikmat yang sering dilupakan manusia

Dua Nikmat yang Sering dilupakan Manusia

Menghitung nikmat yang telah Allah berikan adalah sebuah pekerjaan yang sulit. Bagaimana tidak, Allah mengatakan bahwa jika seorang hamba ingin menghitung nikmat tersebut, maka tidak akan sanggup menghitungnya. Allah Ta’ala berfirman

وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللهِ لاَ تُحْصُوهَا إِنَّ اللهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menghitung jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. An-Nahl: 18).

Sudah menjadi sunnatullahnya, bahwa kebanyakan manusia banyak yang tertipu dan lalai akan nikmat yang Allah berikan. Kita sering lupa bahwa setiap apapun yang kita kerjakan di muka bumi ini akan dipertanggungjawabkan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

لاَ تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمْرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَا فَعَلَ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَا أَنْفَقَهُ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلاَهُ

Kedua kaki seorang hamba tidaklah berpindah pada hari kiamat hingga ia ditanya mengenai umurnya, dimanakah ia habiskan; ilmunya, dimanakah ia amalkan; hartanya, bagaimana cara ia mendapatkannya dan ia infakkan; dan mengenai badannya, di manakah usangnya.” (HR. At-Tirmidzi, shahih).

Ingatlah bahwa 4 hal di atas akan ditanya kelak pada hari kiamat, yaitu umur, ilmu, harta dan badannya. Oleh karena itu, ketika seorang mendapatkan nikmat namun tidak ia gunakan tuk taat, maka itu adalah musibah. Sebagaimana perkataan Abu Hazim dalam Hilyatul Auliya, “Setiap nikmat yang tidak digunakan untuk taat, maka itu adalah musibah.”

Di antara sekian banyak nikmat yang telah Allah berikan, ada 2 nikmat yang manusia lalai atau lupa darinya. Nikmat tersebut adalah kesehatan dan waktu luang.

Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari)

1. Kesehatan

Kalau kita sedang sehat, memang kita akan mudah lupa akan nikmatnya sehat. Karena nikmat sehat aka dirasakan ketika kita sedang sakit. Nikmat bisa makan enak, bisa jalan-jalan, bisa melakukan banyak hal, semua itu bisa dilakukan kalau tubuh kita sedang sehat.

Nah, kelemahan manusia salah satunya adalah mudah lupa. Lupa kalau nikmat sehat yang ia terima saat ini adalah kesempatan yang diberikan Allah untuknya dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Dalam pesan Rasulullah yang lain, ingat 5 sebelum datang yang 5, salah satunya adalah sehat sebelum sakit.

Agar kita tidak tergolong orang yang lalai dari nikmat sehat ini, maka kita harus menjaga kesehatan tubuh kita dengan melakukan beberapa hal.

Pertama rutin melakukan olahraga. Tidak perlu melakukan olahraga yang sulit, yang ringan, yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kalau bang mimin memilih beberapa olahraga ringan, yaitu push up, Squat, dan jalan kaki. bang Mimin menargetkan untuk bisa melangkah minimal sebanyak 10.000 langkah sehari.

Kenapa 10 ribu langkah sehari? ternyata, olahraga jalan kaki adalah salah satu olahraga yang paling efektif untuk membakar lemak. Sementara kita tahu bahwa, lemak dan kolesterol adalah salah satu beban di tubuh kita. Kedua, dengan 10.000 langkah sehari, proses penyerapan nutrisi yang kita konsumsi menjadi lebih baik.

Hal kedua yang bang mimin lakukan untuk tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang halal lagi baik. Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga harus kaya serat dan kaya makro nutrient. Jangan lupa untuk menambahkan Suplemen dan suplemen yang terbaik tentunya adalah Madu.

Beli Madu di shopee

2. Waktu luang

Waktu adalah sesuatu yang terus berputar dan tak akan kembali lagi. Oleh karena itu betapa banyak manusia yang tersesali oleh waktu. Waktunya hanya berlalu begitu saja, tanpa ada manfaat dan faidahnya. Hidupnya hanya menghabiskan waktu dan menyisakan penyesalan umur.

Waktu ibarat pedang bermata 2, jika digunakan untuk kebaikan, maka baik pula. Sebaliknya, jika digunakan untuk keburukan, maka dampak buruk akan terjadi di kemudian hari.

Betapa tidak, sebagian orang menghabiskan waktunya untuk maksiat, namun tatkala ia sudah senja, maka ia akan menangisi masa tua nya karena ia tak menghabiskan waktu dan umurnya untuk taat.

Ketahuilah bahwa 2 hal di atas adalah nikmat yang patut disyukuri tatkala terkumpul di dalam diri seorang muslim. Karena tatkala seorang itu bersyukur, maka Allah akan tambah nikmat tersebut.

Allah Ta’ala berfirman

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu mengatakan; “Sungguh jika kamu bersyukur, pasti Aku akan tambah (nikmat) kepadamu, tapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7).

Penutup

Inilah dua nikmat yang sering dilupakan oleh manusia, semoga kita tidak tergolong kepadanya.

Bagikan ke

Nikmat yang Sering Dilupakan Manusia

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Nikmat yang Sering Dilupakan Manusia

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: