Beranda » Blog » Makanan Wajib untuk Darah Rendah Supaya Normal Kembali

Makanan Wajib untuk Darah Rendah Supaya Normal Kembali

Diposting pada 10 November 2022 oleh bang mimin / Dilihat: 476 kali

Makanan Wajib untuk Darah Rendah Supaya Normal Kembali

Makanan Wajib untuk Darah Rendah Supaya Normal Kembali

Makanan Wajib untuk Darah Rendah Supaya Normal Kembali

Makanan Wajib untuk Darah Rendah Supaya Normal Kembali. Orang yang mengidap darah rendah, biasanya akan mengalami gejala seperti jantung berdebar,  pusing, lemas, mual, dehidrasi, pandangan buram, panas dingin, napas pendek, kehilangan keseimbangan, bahkan juga pingsan. Darah rendah memiliki nama lain dalam dunia medis, adalah hipotensi. Darah rendah atau hipotensi dapat terjadi ketika tekanan darah di dalam arteri atau pembuluh nadi lebih rendah dibandingkan angka normal. Angka tekanan yang lebih rendah yang dimaksud adalah di angka 90/60 mmHg.

Gejala-gejala yang sudah kita sebutkan diatas, biasanya bisa bertahan dan mereda setelah penderita bersitirahat dan minum air mineral dengan cukup. Nah, sebenarnya kita bisa mencegah terjadinya kekambuhan tekanan darah rendah. Dan untuk mencegah kekambuhan tersebut, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat kita konsumsi untuk mengatasi darah rendah.  Apa-apa saja makanan tersebut? Mari disimak ya!

Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman yang Mengandung Kafein

Mungkin kamu sebelumnya tidak terbiasa minum kopi. Tapi ketika kamu terkena darah rendah, coba sekali-kali untuk minum kopi yang kaya akan kafein. Karena minnuman yang memiliki kandungan kafein seperti kopi, dapat mencegah kambuhnya darah rendah kamu. Semakin tinggi kandungan kafein dalam kopi, semakin besar pula efeknya pada tekanan darah.

Menurut penelitian yang pernah kami baca, peningkatan tekanan darah berlangsung dalam satu jam pertama setelah mengonsumsi kafein, dan efeknya dapat bertahan hingga sekitar tiga jam. Silahkan coba untuk minum kopi sesuai dengan takaran yang cukup, jangan pula berlebihan. Karena memungkinkan untuk dapat memberikan efek samping lainnya.

Baca Juga : Kopi Campur Madu, Kira-kira Jadi Apa ya?

Makanan yang Mengandung Natrium Tinggi

Makanan yang Mengandung Natrium Tinggi

Makanan yang Mengandung Natrium Tinggi

Makanan yang mengandung natrium? Apa itu natrium? Natrium itu adalah salah satu unsur kimia, yang merujuk kepada logam lunak, putih keperakan, dan sangat reaktif. JIka dalam benda mati dalam kehidupan sehari-hari, natrium disebut sebagai logam alkali. Namun berbeda pula makna Natrium dalam nutrisi.

Natrium adalah jenis mineral yang mudah untuk kamu temukan pada berbagai makanan, terutama garam. Garam sendiri dikenal dengan nama sodium klorida dan merupakan sumber natrium terbanyak hingga 40% dengan sisanya terdiri atas klorida. Jenis mineral inilah yang dapat meningkatkan tekanan darah, dan perlahan menghilangkan masalah pada darah rendah. Makanan seperti  apa yang memiliki natrium yang tinggi? Contohnya seperti sarden, keju, dan daging asap.

Makanan yang Mengandung Folat

Makanan yang Mengandung Folat

Makanan yang Mengandung Folat

Makanan yang mengandung asam folat memiliki kaya akan manfaat. Contohnya seperti meningatkan kemampuan berpikir, menurunkan gejala depresi, meningkatkan tekanan darah, mencegah gangguan kehamilan, dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan asam folat yang juga merupakan jenis vitamin B ini, biasanya terdapat pada makanan seperti kacang kering, kacang polong, lentil, jeruk, produk gandum, hati, asparagus, bit, brokoli, kecambah, atau bayam.

Baca Juga : Jenis Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Makanan yang Tinggi Kandungan Vitamin B12

maknan mengandung vitamin b12

Kamu tahu apa itu vitamin B12? Vitamin B12 (cyanocobalamin) adalah vitamin yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah yang sehat, mengoptimalkan fungsi saraf, menghasilkan energi, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut. Karena vitamin B12 ini dapat membentuk sel darah merah yang sehat itulah, maka makanan-makanan yang mengandung vitamin B12 dapat mencegah tekanan darah rendah.

Vitamin B12 biasanya terkandung secara alami di dalam makanan, namun bisa juga kita temukan vitamin B12 dalam bentuk suplemen tambahan. Dimana kita bisa jumpai vitamin B12 dalam makanan?  Sumber vitamin B12 alami antara lain ikan, kerang, daging, hati, telur, susu, yoghurt, dan keju. Selain itu, vitamin B12 juga dapat diperoleh dari sereal yang sudah difortifikasi atau diperkaya dengan vitamin ini.

Mengkonsumsi Madu Murni Secara Rutin

Mengkonsumsi Madu Murni Secara Rutin

Mengkonsumsi Madu Murni Secara Rutin

Manfaat madu untuk darah rendah (hipotensi) . Madu yang kaya akan manfaat dan khasiat, juga dapat menjadi solusi untuk menangani tekanan darah rendah. Perlu kita ketahui, apa penyebab tekanan darah rendah itu terjadi. Jika penyebab tekanan darah rendah itu adalah anemia, ketidakseimbangan hormon, infeksi bakteri dan insomnia, maka mengkonsumsi madu alami menjadi solusi yang sangat tepat. Karena di dalam cairan hasil olahan nektar ini terkandung zat besi yang mengatur produksi hemoglobin, kalium yang mampu menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh, peroksida yang menjadi antibakteri dan vitamin B6 yang dapat mengatasi insomnia.

Baca Juga : Terapi Madu untuk Darah Rendah yang Mudah dan Aman

Untuk mendapatkan madu dengan mudah dan dijamin murni, bisa kamu beli di shopee.

Penutup

Itulah beberapa makanan wajib dikonsumsi bagi para penderita darah rendah. Selain mengkonsumi makanan seperti yang kita sebutkan diatas, ada hal lain yang perlu diperhatikan agar hasil lebih maksimal. Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat dengan mengatur komposisi makanan, minuman berikut bahan makanan lain yang kita konsumsi.

Kita hidup dalam masa yang serba instan. Terutama bagi makanan yang saat ini sering kita jumpai makanan yang cepat saji, juga mengandung penyedap makanan yang berlebihan. Bagi para pengidap darah rendah, saran kami sebaiknya hindari makanan sejenis gorengan, junk food, makanan yang terlalu asam, mie instan, minuman beralkohol, minuman bersoda, dan makanan/minuman dengan banyak zat aditif di dalamnya. Karena jenis-jenis makanan/minuman diatas bisa mengakibatkan terhambatnya aliran darah sehingga mempengaruhi tekanan darah.

Lebih baik perbanyak konsumsi sayur, protein, buah-buahan, air putih berikut madu murni yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Cukup tidur dan istirahat, cukup olahraga, dan hindarkan diri dari stres dan penggunaan obat-obat terlarang. Merutinkan konsumsi madu untuk darah rendah akan banyak membantu menstabilkan tekanan darah sehingga kondisi kesehatan kita akan semakin baik.

Demikian artikel ini membahas tentang Makanan Wajib untuk Darah Rendah Supaya Normal Kembali. Jika merasa artikel ini menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu dan sangat bermanfaat, silahkan bagikan kepada orang-orang yang juga perlu membaca artikel ini. Terima kasih.

Bagikan ke

Makanan Wajib untuk Darah Rendah Supaya Normal Kembali

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

2 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Makanan Wajib untuk Darah Rendah Supaya Normal Kembali

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: