Beranda » Blog » Jenis Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Jenis Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Diposting pada 12 October 2022 oleh bang mimin / Dilihat: 513 kali
Jenis Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Jenis Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Jenis Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Banyak jenis olahraga yang dilakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Orang yang menderita kolesterol tinggi, bisa disebabkan karena kurangnya aktifitas yang melibatkan gerakan tubuh. Olahraga menjadi salah satu solusi bagi penderita kolesterol tinggi. Karena aktifitas olahraga sangat membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh atau HDL.

Tak hanya itu, olahraga memberikan manfaat lain seperti membakar kalori dalam tubuh, menyehatkan jantung, mencegah terjadinya obesitas, dan juga mengurangi stres. Olahraga bukan hanya untuk menyehatkan atau membaguskan tubuh, namun juga menyehatkan kesehatan mental.

Dari banyaknya jenis olahraga, boleh kalian ambil apapun asal rutin. Namun dari tim refillmadu.com memberikan rekomendasi 4 jenis olahraga untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi. Olahraga ini tidak berat untuk dilakukan. Tidak perlu memaksa diri untuk mendapatkan intensitas tinggi, boleh perlahan asal pasti rutin dilakukan. Jangan termakan rasa semangat membakar, sehingga yang ada melampaui batas dan menghabiskan stamina.

Apa Saja 4 Jenis Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi?

Nah, berikut ini adalah 4 jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi. Simak sampai selesai.

Bersepeda

olahraga untuk menurunkan kolesterol : bersepeda

Bagi yang punya sepeda sport, lebih baik Anda pakai rutin untuk berolahraga. Kegiatan bersepeda bisa dimulai dari sekeliling rumah, sampai di hari berikutnya menambah jarak tempuh. Bersepeda menggunakan tenaga dengan cara membakar kalori tubuh, kemudian menghasilkan keringat di tubuh kita. Bersepeda mengurangi kadar kolesterol darah dan bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Dibawah ini beberapa manfaat lain dari olahraga bersepedan :

  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Mengontrol berat badan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menurunkan risiko depresi
  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Lari

lari juga olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi

Olahraga lari juga biasa kita sebut dengan jogging. Jogging adalah aktivitas lari santai yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika rutin dijalani. Olahraga jogging dapat kita lakukan di pagi hari atau di sore hari. Lari bisa meningatkan kadar kolesterol baik dalam darah (HDL), sehingga kolesterol total lebih terkontrol.

Berikut ini adalah manfaat lain dari olahraga lari / jogging  :

  • Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh
  • Mengurangi kolesterol serta menjaga kadar gula darah dan tekanan darah tetap stabil
  • Mencegah diabetes, stroke, dan penyakit jantung
  • Memperbaiki suasana hati, meredakan stres, dan mengurangi risiko depresi
  • Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
  • Membuat tidur lebih nyenyak.

Senam

senam juga bisa jadi pilihan olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi

Senam merupakan olahraga yang melibatkan pola gerakan gesit dan dipadukan dengan musim berirama kencang serta cepat. Aktivitas fisik ini termasuk olahraga yang sempurna, apalagi untukmu yang aktif dan punya banyak energi untuk dibakar. Jika dilakukan rutin dapat menurunkan kada kolesterol serta mengaja kesehatan dan ketehanan tubuh.

Baca Juga  : Kopi Campur Madu, Kira Kira Jadi Apa ya?

Ini adalah beberapa manfaat lain dari

1. Memperbaiki keseimbangan fisik
2. Menurunkan berat badan
3. Menguatkan otot
4. Merawat kesehatan tulang
5. Mengoptimalkan fungsi otak

Angkat Beban

Angkat beban merupakan satu di antara olahraga gym yang sangat populer. Tak bisa dimungkiri, banyak orang yang melakukan angkat beban demi mendapat bentuk tubuh yang ideal dan keren. Dengan rutin melakukan latihan angkat beban, otot menjadi lebih kuat. Hal itu karena latihan angkat beban akan menyasar pada sekelompok otot, sesuai gerakan yang dilakukan.  Jenis olahraga yang paling sering direkomendasikan untuk mengurangi risiko penyakit jantung

Berikut ini manfaat lain dari olahraga angkat beban yang bisa kita rasakan :

  • Turunkan Berat Badan
  • Kesehatan Tulang Lebih Optimal
  • Keseimbangan yang Lebih Baik
  • Tubuh Kencang dan Berotot
  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri
  • Meningkatkan Fungsi Otak
  • Memperbaiki Kualitas Tidur
  • Mengurangi Stres
  • Menjadi Lebih Kuat
  • Menjaga Kesehatan Tulang

Bagaimana untuk Menaikkan Intensitas dan Stamina Selama Berolahraga Agar Pembakaran Kolesterol Lebih Baik?

Ketika dalam proses berolahraga, kita ingin adanya peningkatan dan perubahan. Entah itu dari jumlah jarak tempuh ataupun jumlah repitisi yang semakin meningkat dibandingkan sebelumnya. Namun apakah peningkatan ini bisa kita lakukan dengan mudah? Jawabannya, YA BISA. Apakah dengan cara memaksa diri untuk tingkatkan jumlah? Atau adakah faktor pendukung?

Jika kita memaksa diri agar jarak tempuh kita lebih jauh, atau repitisi kita yang semakin bertambah, akibatnya adalah tubuh kita akan mudah terasa lelah, dan bisa jadi akan adanya terjadi cedera. Bisa saja dilakukan, namun ini kembali pada kekuatan fisik masing-masing individu. Cara yang paling mudah dan ampuh adalah, kita memberikan faktor pendukung pada tubuh sebelum melakukan aktifitas olahraga.

Apa saja faktor pendukungnya? Tak lain faktor pendukungnya adalah suplemen tambahan. Suplemen apa yang baik untuk meningkatkan stamina? Biasanya para atlet mengkonsumsi suplemen yang memiliki kandungan glukosa. Glukosa berperan penting bagi aliran darah di tubuh kita. Maka daripada itu, pilihlah glukosa yang asli. Darimana bisa mendapatkan glukosa yang asli? Glukosa murni hanya bisa kita dapatkan dari cairan madu.

Baca Juga : Lebih Segar dengan Susu Kurma

Madu memiliki index glikemik yang lebih rendah dibandingkan jenis gula lainnya sehingga dapat menjadi cadangan karbohidrat yang sangat baik, nilainya sekitar 55. Index glikemik sendiri merupakan sebuah metode mengecek rating makanan berdasarkan efeknya terhadap glukosa dalam darah. Dengan nilai Glikemik Index yang rendah, konsumsi madu menjadi makanan yang baik sebelum olahraga dapat menjadi pilihan sumber karbohidrat selama berolahraga. Nilai glikemik index yang rendah juga menandakan akan dicerna secara perlahan sehingga dapat berada di usus kecil dengan rentang waktu yang jauh lebih lama sehingga glukosa dilepaskan secara perlahan selama kegiatan olahraga berlangsung.

Minum Madu Sebelum Olahraga Terbukti Ampuh

Sebuah uji klinis yang dilakukan menyatakan bahwa mereka yang mengkonsumsi madu sebelum melakukan aktifitas fisik dapat  bersepeda lebih jauh dibandingkan mereka yang menggunakan suplemen glukosa. Maka minuman yang ditambahi madu berfungsi lebih efektif dibandingkan minuman elektrolit jika dinikmati sebelum berolahraga.

Sejak zaman dulu, madu sudah dimanfaatkan sebagai sumber energi dan suplemen peningkat stamina. Konon, para atlet Yunani senantiasa mengkonsumsi madu sebelum pertandingan dan setelah selesai tanding. Kandungan madu dapat menjadi peningkat performa olahraga mengingat kandungannya yang terdiri dari karbohidrat, vitamin dan mineral serta zat-zat berguna lainnya.

Konsumsi madu dalam meningkatkan performa olahraga dikatakan memiliki efektifitas yang setara dengan konsumsi karbohidrat glukosa (alias dekstrosa). Dalam sebuah studi yang melakukan simulasi bapal sepeda trial sejauh 64 km, para atlit yang diberikan konsumsi madu sebelum pertandingan (kombinasi air putih 250 ml dengan ditambahkan 15 gram madu maupun 15 gram glukosa dektrosa), setiap 16 km mampu menyelesaikan tahapan simulasi dengan waktu pencapaian yang lebih cepat dibandingkan dengan mengkonsumsi larutan yang tidak mengandung madu maupun glukosa. Angka yang dicapai para atlit sepeda tersebut:

  1. Atlit yang mengkonsumsi air madu sebelum bertanding mencapai target dengan waktu 128 menit 42 detik
  2. Atlit yang meminum larutan glukosa mencapai finish dengan waktu 128 menit 18 detik
  3. Atlit yang diberikan larutan pembanding membutuhkan waktu 131 menit 18 detik

Madu Apa yang Aman untuk Dikonsumsi Sebelum Olahraga dan memberi efek Penurunan Kolesterol Tubuh?

Madu Hutan Al-Hafizh 500gr

Madu Hutan Al-Hafizh 500gr

Memilih madu untuk konsumsi, memerlukan kebijakan yang pas. Karena ketika kita memilih madu, maka sebenarnya kita sedang melakukan investasi kesehatan untuk diri pribadi, dan juga keluarga. Banyak yang beredar di masyarakata adanya madu palsu atau madu replika. Ini yang harus kita perhatikan. Jika kita sudah membeli madu yang palsu, bukan kesehatan yang kita dapatkan. Justru kondisi kesehatan kita yang semakin kritis.

Baca Juga  : Obat Herbal Diabetes dari Madu

Bayangkan jika kita sudah terlanjur beli madu yang palsu, dan juga sudah dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga kita. Maka solusi yang tepat sebelum membeli madu, adalah mengenali si penjual. Madu yang asli, juga dilihat bagaimana si penjual memegang amanah dan pandangan masyarakat tentang si penjual.

Kami sangat merekomendasikan satu produk madu, yakni Madu Al-Hafizh. Produk Madu Al-Hafizh sudah menjadi produk langganan kami, untuk dikonsumsi pribadi, dikonsumsi oleh tim, dan dikonsumsi oleh keluarga, Madu Al-Hafizh berdiri sejak tahun 2014, dan sampai saat ini mereka selalu menjaga keaslian dan kemurnian madu.

Tidak perlu khawatir terhadap produk Madu Al-Hafizh, karena sudah diuji laboratorium dan sudah mendapatkan izin PIRT. Bagaimana cara membeli produk tersebut? Produk Madu Al-Hafizh dapat dibeli dari marketplace tercinta

beli di shopee

beli di tokopedia

Tags: , , , ,

Bagikan ke

Jenis Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Jenis Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: