Beranda » Blog » Perintah Allah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib

Perintah Allah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib

Diposting pada 24 September 2022 oleh bang mimin / Dilihat: 119 kali
Perintah Allah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib

Perintah Allah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib

Perintah Allah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib

Perintah Allah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib. Allah Subhanahu wa Ta’ala sangat mencintai hamba-Nya yang senantiasa berbuat baik bagi sesama. Maupun itu kepada sesama muslim, yang berbeda agama, yang berbeda warga negara, serta kepada binatang dan tumbuhan. Ini ditegaskan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, dalam firmannya :

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al Baqarah : 195).

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga menjamin, barangsiapa yang berbuat kebaikan terhadap sesama sekecil apapun, akan dilipatgandakan pahalanya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 261:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah : 261)

Dan, orang yang berbuat kebaikan sudah dijamin kebaikannya akan dibalas dengan kebaikan juga. Ini sudah difirmankan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Surah Ar-Rahman ayat 60

هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ

Artinya: “Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS Ar-Rahman : 60)

Nah, itu semua adalah fadhilah-fadhilah bagi orang yang suka berbuat kebaikan. Namun, yang menjadi perhatiana adalah, sudahkah kita berbuat baik kepada keluarga dan karib? Kita terkadang berbuat baik kepada orang lain, teman, sahabat, dan orang yang tidak memiliki hubungan darah dengan kita.

Tapi seringkali kita melupakan keluarga terdekat kita. Kita tidak tahu, apakah urusan adik kita sudah selesai, bisa jadi dia sedang membutuhkan bantuan kita. Sudahkah kita memperhatikan kebutuhan-kebutuhan keponakan kita? Bisa jadi orang tuanya sedang kesulitan membiayai kebutuhan pendidikannya. Itu yang sering kita lupakan. Keluarga tak kalah pentingnya bagi kita, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan perintah kepada kita untuk menjaga diri sendiri dan keluarga dari api neraka.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS At-Tahrim: 6)

Baca Juga: Keistimewaan Wanita dalam Islam

Dalil Perintah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib

Sebelumnya kita sudah tahu, apa fadhilah-fadhilah yang kita dapatkan jika berbuat suatu kebaikan. Kita juga sudah tahu, apa alasan kita harus mengorbankan diri untuk menjaga keluarga. Kemudian dalil apa yang mendasar sebagai perintah Allah kepada hamba untuk berbuat baik kepada kerabat dan karib?

Ada dua dalil yang mendasar sebagai perintah kepada hamba untuk senantiasa berbuat baik kepada kerabat dan karib, yakni Surah An-Nisa’ ayat 36, dan Surah An-Nahl ayat 90

Surat An-Nisa’ Ayat 36

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an :

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

Artinya: “Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri,” (Q.S. An-Nisa’ : 36)

Surat An-Nahl Ayat 90

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an :

اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاۤئِ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Artinya: “Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (QS An-Nahl: 90)

Nah, kalian sudah tahu sekarang dalil mendasar yang harus menjaga hubungan baik kepada kerabat dan karib. Lantas, apa tips-tips yang dapat dilakukan untuk menjaga hubungan baik dengan kerabat?

Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Kerabat dan Karib

Menjaga hubungan baik, juga bisa disebut dengan menjaga silaturahim. Pentingnya menjaga silaturahim, sehingga setiap muslim dilarang untuk memutuskannya. Perintah untuk berbuat kebaikan dengan tulis sesama manusia diabadikan dalam Al-Qur’an:

وَالَّذِيۡنَ يَصِلُوۡنَ مَاۤ اَمَرَ اللّٰهُ بِهٖۤ اَنۡ يُّوۡصَلَ وَيَخۡشَوۡنَ رَبَّهُمۡ وَ يَخَافُوۡنَ سُوۡۤءَ الۡحِسَابِؕ‏

“Dan orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan Allah agar dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.” (QS. Ar-Ra’d Ayat 21)

Dari Abu Hurairah berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (SAW) bersabda: “Barang siapa senang dilapangkan rezekinya dan selalu disebut-sebut kebaikannya, maka hendaklah pelihara hubungan silaturrahim.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Keutamaan menjalin silaturahmi selain dapat meringankan hisab yang buruk di hari Kiamat, juga mendatangkan kasih sayang Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (SAW) mengajarkan kita untuk saling mencintai dan mempererat tali persaudaraan.

Berikut ini cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan kerabat dan karib.

1. Mengungkapkan Rasa Cinta

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seseorang mencintai saudaranya, hendaklah dia mengatakan Cinta kepadanya.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

2. Saling Mendoakan

Umar bin Khotthob radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku minta izin kepada Rasulullah SAW untuk melaksanakan umrah, lalu Rasulullah mengizinkanku.” Beliau bersabda: “Jangan lupakan kami wahai saudaraku dalam doamu.” (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

“Tidak seorang hamba mukmin yang berdoa untuk saudaranya dari kejauhan malainkan Malaikat berkata, ‘dan bagimu seperti itu’.(HR Muslim)

3. Senyum dan Menampakkan Wajah Gembira

“Janganlah kamu meremehkan kebaikan apapun, walaupun sekadar bertemu saudaramu dengan wajah ceria (gembira).” (HR Muslim)

Baca Juga: Sudahkah Kita Bertetangga dengan Baik?

4. Berjabat Tangan yang Hangat

“Tidak ada dua orang muslim berjumpa lalu berjabat tangan melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah.” (HR Abu Dawud)

5. Saling Mengunjungi

Rasulullah SAW bersabda: “Allah berfirman, ‘Pasti akan mendapat cinta-Ku orang-orang yg mencintai karena Aku, keduanya saling berkunjung karena Aku, dan saling memberi karena Aku’. (Imam Malik dalam Al-Muwaththa’)

6. Memberi Ucapan Selamat

“Barangsiapa bertemu saudaranya dengan membawa sesuatu yang dapat menggembirakannya, maka Allah akan menggembirakannya pada hari Kiamat.” (HR Thabrani)

7. Saling Memberi Hadiah

“Hendaklah kamu saling memberi hadiah, karena hadiah itu dapat mewariskan rasa cinta dan menghilangkan kekotoran hati.” (HR at-Thabrani)

8. Saling Membantu Kebutuhan

“Siapa yang melepaskan kesusahan seorang mukmin di dunia niscaya Allah akan melepaskan kesusahannya di akhirat. Siapa yang memudahkan orang yang kesusahan, niscaya Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Siapa yang menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi aibnya. Dan Allah selalu menolong hamba-Nya jika hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR Muslim) Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam juga berpesan:

“Janganlah kalian saling mendengki, janganlah saling mencurangi, janganlah saling membenci, janganlah saling membelakangi dan janganlah sebagian kalian menjual atas penjualan sebagian yang lainnya. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara! Seorang muslim adalah bersaudara, janganlah menzhaliminya, merendahkannya dan janganlah mengejeknya! Takwa ada di sini (beliau menunjuk ke dadanya tiga kali). Cukup dikatakan jelek seorang muslim jika ia menghinakan saudaranya muslim. Setiap muslim atas muslim lainnya haram darahnya, harta dan kehormatannya.” (HR Muslim)

Baca Juga : Bersedekah dapat Menghapus Dosa

Penutup

Alhamdulillah, sudah tuntas kita bahas mengenai Perintah Allah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib. Dari tips-tips yang kami berikan diatas, bisa dimulai dengan hal yang paling mudah bagi Anda. Contohnya adalah dengan memberikan hadiah. Mungkin kerabat kita dulu pernah memberikan kita sesuatu, namun kita belum sempat bahkan lupa untuk membalas.

Atau ketika dikondisi kita sedang sakit, keluarga mengirimkan makanan dan minuman yang sehat untuk kita. Kini giliran kita membalas kebaikan-kebaikan mereka. Dengan memberikan mereka bingkisan Madu Al-Hafizh, bisa membuat hati mereka bahagia. Memberikan Madu Al-Hafizh bukan hanya sekedar memberikan hadiah, namun juga memberikan kebutuhan kesehatan bagi mereka.

Ketika mereka sakit, mereka dapat mengonsumsi madu. Ketika mereka ingin meminum racikan herbal yang sehat. bisa dicampurkan dengan madu. Tak hanya momen berharga yang didapat, namun juga rasa cinta kita akan kepedulian kita terhadap kesehatan, juga tersampaikan.

Baiklah, usai sudah artikel ini dihujung pembahasan. Semoga keluarga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat, dimudahkan segala urusannya, dan selalu dalam lindungan Allah Ta’ala. Aamiin yaa Rabbal’alamiin.

Tags: , , , , , ,

Bagikan ke

Perintah Allah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Manfaat Terapi Sengat Lebah untuk Sembuhkan Banyak Penyakit
2 November 2022

Manfaat Terapi Sengat Lebah untuk Sembuhkan Banyak Penyakit Manfaat Terapi Sengat Lebah untuk Sembuhkan Banyak Penyakit. Terapi sengat lebah merupakan... selengkapnya

Tips Mudah Menjadikan Madu Penguat Kandungan Ibu Hamil
27 Maret 2017

Tips Mudah Menjadikan Madu Penguat Kandungan Ibu Hamil. Menjadikan madu penguat kandungan bagi ibu hamil adalah tips sederhana yang terbukti... selengkapnya

Madu Hutan Asli Curah dan Makloon Madu Hutan
27 September 2016

Madu Hutan Asli Curah dan Makloon Madu Hutan. Ada dua jenis metode penjualan di refillmadu.com. pertama kami menjual secara eceran... selengkapnya

Manfaat Madu untuk Kulit Lebih Indah dan Terawat
12 Desember 2016

Manfaat Madu untuk Kulit Lebih Indah dan Terawat. Manfaat madu untuk kulit salah satunya adalah membuat penuh percaya diri dengan... selengkapnya

Manfaat Madu Untuk Asam Urat Yang Belum Diketahui
27 Desember 2016

Manfaat Madu Untuk Asam Urat Yang Belum Diketahui. Madu untuk asam urat adalah salah satu dari sekian banyak manfaat cairan... selengkapnya

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung
17 November 2022

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung Manusia tercipta dengan kesempurnaan sistem organ yang saling bekerja satu sama lain, yang... selengkapnya

Perintah Allah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib
24 September 2022

Perintah Allah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib Perintah Allah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib. Allah Subhanahu wa Ta’ala... selengkapnya

Meningkatkan Kesuburan Kandungan & Kualitas Sperma
15 Oktober 2017

“Kapan punya momongan, kok belum ada tanda-tanda hamil?” “Kapan kakak punya adik lagi, sudah pantas lho untuk punya adik?” “Kapan………?”... selengkapnya

Nikmat yang Sering Dilupakan Manusia
27 Oktober 2022

Dua Nikmat yang Sering dilupakan Manusia Menghitung nikmat yang telah Allah berikan adalah sebuah pekerjaan yang sulit. Bagaimana tidak, Allah... selengkapnya

Anak Sebagai Perhiasan Dunia
4 Agustus 2022

Anak Sebagai Perhiasan Dunia. Anak, adalah amanah bagi setiap orang tua. Karena itulah sudah menjadi kewajiban bagi keduanya untuk mendidik... selengkapnya

Perintah Allah Berbuat Baik Kepada Kerabat dan Karib

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: